Sembilan Hal Ini Bisa Sebabkan Menstruasi Tak Teratur

Ilustrasi wanita mengalami infeksi saluran kencing
Sumber :
  • pixabay/holdosi

VIVA.co.id – Siklus menstruasi yang sehat adalah 28 hari. Siklus yang lebih singkat bisa berlangsung 24 hari dan siklus yang lebih lama berlangsung 31 hari.

4 Dampak Sering Menahan Kentut, Bisa Berujung Fatal

Namun, jika masa menstruasi Anda sering tidak teratur, ini bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh Anda. Apakah itu pola makan, gaya hidup, siklus tidur, atau hal lainnya yang bisa mengganggu siklus menstruasi Anda.

Untuk mendapatkan penjelasan yang pasti, sebaiknya konsultasikan masalah Anda dengan dokter.

4 Cara Mudah untuk Membantu Melancarkan Menstruasi dalam Semalam

Berikut ini beberapa penyebab lain menstruasi tidak teratur seperti dilansir laman Boldsky.

1. Beberapa ahli kesehatan mengatakan, olahraga yang sangat keras dan jumlah lemak tubuh yang sangat sedikit dapat membuat tubuh stres dan memperlambat sekresi dari hormon tertentu. Sehingga tingkat kesuburan pun menurun tajam dan menstruasi menjadi tidak teratur.

Pakar Ungkap Bahaya Terlalu Sering Pakai Panty Liner

2. Konsumsi obat-obatan juga bisa berpengaruh pada siklus menstruasi Anda. Terutama pengobatan yang dapat mengubah kadar hormon tubuh, misalnya obat untuk tiroid. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter  jika obat yang Anda konsumsi juga mengganggu siklus menstruasi Anda.

3. Sering bepergian keluar negeri juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi karena jam tubuh berusaha keras menyesuaikan diri dengan zona waktu dan iklim.

4. Obesitas juga menjadi penyebab menstruasi terganggu. Lemak tubuh yang berlebihan dapat meningkatkan kadar estrogen dan kondisi ini dapat mempengaruhi menstruasi Anda. Biasanya, menstruasi bisa jadi sangat sering dan terlalu lama. Selain itu, kadar estrogen yang berlebihan juga dapat menyebabkan kanker endometrial.

5. Stres kronis menjadi penyebab lain menstruasi yang tidak teratur. Bahkan, lingkungan yang membuat stres tidak baik bagi reproduksi dan karena itulah tubuh menunda siklusnya jika tingkat stres terlalu tinggi.

5. Pola tidur yang tidak teratur berperan penting dalam keteraturan siklus haid. Saat jam tubuh terganggu, hormon reproduksi pun ikut terganggu. Faktanya, wanita yang bekerja di waktu malam juga dapat mengalami haid tidak teratur.

7. Paparan pestisida juga dapat mempengaruhi tamu bulanan Anda karena pestisida dapat mengubah aktivitas hormonal di dalam tubuh.

8. Usia juga termasuk dalam daftar penyebab haid tidak teratur. Wanita yang memasuki masa menopause cenderung mengalami menstruasi tidak teratur.

9. Penyebab berikutnya adalah anoreksia yang dapat mempengaruhi menurunnya kadar estrogen. Biasanya, mereka yang bobot tubuhnya turun sangat drastis dalam waktu singkat dapat mengalami haid tidak teratur.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya