7 Perawatan Wajah Wajib Saat Menstruasi

Sakit perut jelang menstruasi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Masa-masa sebelum memasuki saat menstruasi (PMS) terkadang adalah masa yang tidak mudah. Di masa-masa ini, hormon tubuh menjadi tidak stabil dan dapat mempengaruhi Anda dari berbagai aspek mulai dari suasana hati hingga masalah kulit.

Nyeri Saat Menstruasi? Yuk Kenali Apa Saja Penyebabnya!

Saat terjadi perubahan kadar hormon dalam tubuh, keadaan kulit menjadi tidak menentu, terkadang kulit bisa menjadi sangat berminyak atau malah sangat-sangat kering. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut tujuh anjuran perawatan kulit yang wajib Anda lakukan selama masa PMS dikutip dari laman Boldsky.

1. Membersihkan Wajah

Penyebab Menstruasi Tak Lancar, Lengkap dengan Resep Herbal dari Dokter Zaidul Akbar

Pastikan bahwa kulit Anda bersih saat sebelum tidur. Pastikan pula semua riasan wajah sudah tersapu bersih. Kulit cenderung membersihkan dirinya di malam hari, jadi berikan waktu untuk wajah Anda bernapas.

2. Memberi Tonik Wajah (Toning)

4 Cara Alami Redakan Kram Perut saat Mentruasi

Sebagian dari Anda mungkin tidak pernah atau kerap melewatkan tahap ini saat membersihkan wajah. Toning berfungsi untuk menutup pori-pori wajah setelah membasuh muka. Selalu gunakan toner setelah membilas wajah Anda.

3. Melembabkan Wajah
Melembabkan wajah saat kulit sedang memproduksi banyak minyak tidak selalu buruk. Terkadang Anda perlu menyeimbangkan keluaran minyak dengan pelembab.

4. Hindari Terlalu Sering Menyentuh Wajah
Banyak yang tidak menyadari bahwa terlalu sering menyentuh wajah akan menyebabkan jerawat bermunculan.

5. Memencet Jerawat
Hal yang paling tidak bisa ditahan oleh sebagian orang adalah memencet jerawat. Namun, tahukah Anda bahwa ini bisa mengganggu proses penyembuhan jerawat secara alami dan akhirnya justru menimbulkan luka dan bekas jerawat.

6. Gunakan SPF
Sunscreeen (tabir surya) adalah hal yang wajib Anda gunakan setiap hari termasuk di masa PMS. Lotion ini adalah yang wajib Anda pakai sebelum beraktivitas di bawah matahari untuk mencegah kulit rusak dan penuaan kulit wajah.

7. Krim Mata
Anda pasti sering terlihat lelah selama masa-masa PMS, agar mata tetap terlihat segar, gunakanlah krim mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya