Aroma Pisang Ternyata Mampu Menahan Lapar

Mengonsumsi pisang dianggap dapat membantu tidur lebih nyenyak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pisang, mengandung banyak nutrisi dan memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya bisa mengubah suasana hati Anda menjadi lebih bahagia. Selain itu, aroma pisang juga bisa menahan nafsu makan.

Sering Minum Energi Drink? Awas, Gagal Ginjal Mengintai!

Ada lebih banyak fakta seputar pisang yang penting untuk Ansa ketahui. Berikut ini diantaranya, seperti dikutip dari laman Live Strong.

Aroma penahan lapar

Dianggap Bermanfaat, Konsumsi Minuman Ini Ternyata Bikin Ginjal Sakit Parah

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Smell and Taste Treatment and Research Foundation di Chicago, mencium aroma makanan tertentu saat merasa lapar bisa menipu otak Anda seolah sudah makan alias kenyang. Salah satu dari makanan tersebut adalah pisang. Jika Anda sedang dalam program penurunan berat badan, cara ini bisa Anda coba untuk mencegah Anda makan berlebihan.

Pisang baik untuk aktifitas atletik

Rahasia Turun-temurun Dapatkan Kulit Cerah dan Glowing

Salah satu atlet terbaik dunia, Yohan Blake dikabarkan mengonsumsi 16 pisang satiap hari. Sebuah penelitian dari Human Performance Lab dari Appalachian State University menunjukkan bahwa mengonsumsi setengah potong pisang setiap 15 menit sebelum bersepeda memberikan Anda tenaga layaknya minuman energi.

Jika Anda memiliki pola hidup yang aktif, pisang bisa menjadi bahan bakar yang cocok untuk mengisi energi Anda, tak hanya itu Anda juga dapat sekaligus memenuhi asupan antioksidan dan nutrisi lain yang tidak bisa Anda dapat dari sebotol minuman berenergi.

Baik untuk diet

Pisang berukuran sedang memiliki 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 3 gram serat. Untuk memenuhi serat, pisang memiliki pati, semacam karbohidrat yang susah dicerna oleh perut, namun bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Pisang, buah serbaguna

Buah ini memiliki manfaat beragam mulai dari camilan praktis dan menjadi bahan aneka makanan seperti smoothies atau bahan membuat kue. Umumnya, hampir semua kue berbahan dasar pisang disukai banyak orang. Satu resep pisang sehat dan lezat adalah mencelupkannya pada lelehan coklat hitam dan dinginkan dalam lemari pendingin. Camilan lezat dan sehat siap disantap.

Kaya vitamin C

Berbicara mengenai vitamin C, jeruk dan strawberry pasti menjadi buah yang terlintas di pikiran banyak orang. Namun ternyata, pisang pun menjadi sumber vitamin C yang tak kalah. Satu pisang bisa memenuhi 15 persen kebutuhan vitamin C harian. Seperti yang diketahui, vitamin ini penting untuk melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas, baik untuk tulang dan jaringan tubuh.

Kaya vitamin B6

Tak hanya vitamin C, pisang juga mampu memenuhi 20 persen kebutuhan vitamin B6 harian. Vitamin B6 penting untuk memproduksi sel-sel baik dalam tubuh, memproduksi insulin, hemoglobin dan antibodi untuk melawan infeksi.

Bisa matang lebih cepat dengan apel

Jika Anda terlanjur membeli pisang yang belum matang, Anda bisa membuatnya matang lebih cepat. Cukup masukkan pisang dalam paper bag dengan apel, pear atau tomat utuh. Gas ethylene dari buah tersebut dapat mempercepat proses pematangan pisang.

Ilustrasi buah-buahan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya