Tiga Teknik Pernapasan Kurangi Hot Flashes saat Menopause

Bahagia di hari tua.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Hot flashes atau rasa seakan terbakar yang biasa dirasakan saat menopause tiba, cenderung mengganggu aktivitas. Untuk itu, ada beberapa teknik pernapasan yang bisa dicoba untuk meminimalisasi hal itu.

10 Tips Memacu Gairah Seks untuk Istri yang Menopause

Rasa terbakar itu merupakan sebuah gejala yang terjadi karena kadar hormon estrogen telah menurun. Menurut spesialis ginekologi, Michael Goodman, MD, saat diserang stres, kondisi tersebut bisa muncul dengan mudah.

"Apa yang kita ketahui yaitu hot flashes terjadi karena kadar hormon estrogen yang berubah. Tapi, itu juga dipicu oleh stres dan timbulnya hormon serotonin akibat stres," ujarnya seperti dikutip dari laman Prevention.

Santai Belum Menikah, Tika Panggabean Sebut Hidupnya Tak Semata-Mata Harus Punya Suami

Untuk itu, salah satu penanganannya adalah dengan membuat tubuh menjadi rileks. Kondisi rileks, bisa didapatkan dengan mudah saat mampu melakukan beberapa teknik pernapasan ini.

1. Bernapas pelan

Osteoporosis, Ancaman Wanita Pasca Menopause

Hirup udara melalui hidung lalu hembuskan melalui mulut secara perlahan. Saat Anda menghirup napas, lakukan perlahan hingga hitungan keempat. Kemudian, tahan sejenak. Lalu hembuskan napas, tahan selama enam detik dan selanjutnya ulangi kembali.

2. Pernapasan Anapana

Pada umumnya, teknik pernapasan dilakukan secara normal melalui hidung. Bedanya, cukup dengan memberikan fokus selama lima menit saat Anda melakukan pernapasan secara mendalam tersebut.

"Rasakan sensasi udara yang mengalir di hidung Anda. Akan timbul rasa dingin dan hangat yang hadir di setiap teknik pernapasannya," ujar Michael.

3. Pernapasan diafragma

North American Menopause Society (NAMS) menyarankan teknik pernapasan ini pada kaum wanita yang baru mengalami menopause. Tekniknya yaitu dengan bernapas secara perlahan dan dalam selama enam hingga delapan kali tarikan napas per menitnya.

Gejala Menopause

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya