Perlu Tahu Rahasia Bentuk Tubuh Ideal

Ilustrasi sayuran
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

VIVA.co.id – Bukan hal yang mudah mewujudkan mimpi punya tubuh ideal. Untuk mewujudkan hal ini, Anda harus patuhi pilar pedoman gizi seimbang.

Diet Protein Tinggi, Solusi Turunkan Berat Badan dengan Kilat

Salah satu pilarnya, mengonsumsi makanan bervariasi. Tidak hanya itu, aktif bergerak juga diyakini mampu membantu membentuk tubuh ideal.

Makanan bervariasi dengan sumber gizi seimbang harus dikonsumsi tiap hari. Ini penting untuk mencegah masalah kurang gizi.

Sederet Tips Diet Sehat yang Aman Bagi Kesehatan Tubuh

"Tidak ada satu makanan yang cukup memenuhi kebutuhan tubuh manusia, makanya butuh makanan bervariasi agar menutupi kekurangan gizi. Contoh, makanan berlemak dipadukan dengan makanan berserat agar kombinasi keduanya bisa membantu mencapai tubuh ideal," ujar ahli gizi, Dr. Marudut, MPS, dalam Diskusi Cerdas Frisian Flag Indonesia dengan tema 'Resolusi Baru Keluarga Sehat Indonesia', di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis 26 Januari 2017.

Marudut mengingatkan agar menghindari menu makanan yang monoton dan miliki porsi makan bervariasi seperti pedoman gizi, yakni sumber karbohidrat, protein hewani juga nabati, mineral dan vitamin.

Ini 6 Makanan Diet Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi

Tidak hanya makanan, aktivitas fisik juga diperlukan untuk membakar banyak lemak.

"Setiap gerakan tubuh menggunakan tenaga yang bermanfaat untuk bantu proses metabolisme energi, bakar kelebihan energi, dan lancarkan aliran darah," ujarnya.

Dengan kedua pilar itu, diharapkan makanan yang masuk ke dalam tubuh berjalan seimbang dengan kalori yang dikeluarkan. Dengan begitu, tentu saja, impian punya tubuh ideal akan terwujud.

"Gaya hidup sehat terlihat dari makanan beragam yang dikonsumsi. Jangan lupa juga untuk pantau berat badan agar bisa mencapai tubuh ideal," kata dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya