Peneliti Temukan Cara Cegah Penyebaran Sel HIV

Ilustrasi.
Sumber :
  • REUTERS/Nacho Doce

VIVA.co.id – Angka penderita HIV terus meningkat, begitu pula pengembangan penelitian guna menghentikan penyebaran yang terfokus pada pencegahan penyebaran sel, sehingga imunitas tetap terjaga.

Kisah Dede, Bocah Dengan HIV yang Tetap Tegar Hadapi Hidup

Tim peneliti dari University College London, mengembangkan cara untuk cegah HIV menempel pada makrofag, yang merupakan sel penting di sistem imun untuk membantu menghancurkan infeksi pada tubuh. Para peneliti meyakini bahwa cara melawan virus HIV adalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh individu.

Studi itu menjelaskan bagaimana tim peneliti mampu mengatur makrofag secara alami untuk melawan virus-virus jahat, termasuk HIV. Tim tersebut menemukan, cara membuat makrofag lebih kuat dengan penambahan HDAC inhibitor, agar menutup kemungkinan terbukanya sel tubuh untuk ditempeli virus HIV.

Banyak Napi di Banten Terindikasi Virus HIV

Penemuan ini sangat penting, karena HIV memang menggunakan makrofag tubuh sebagai tempatnya menempel dan membelah diri. Dengan memahami cara pencegahan dari penempelan virus HIV, diharapkan akan semakin banyak penelitian lain yang mampu mengobservasi secara mendalam.

"Penemuan ini bisa menjadi benteng untuk mengontrol pasien HIV, tapi lebih penting lagi untuk membangun benteng dalam menyembuhkannya," ujar salah satu peneliti, Dr. Ravindra Gupta, dikutip dari Medical Daily.

10 Ribu Kasus HIV di Sumbar, 28 Persen Disebabkan LGBT

Untuk saat ini, penemuan tersebut masih membutuhkan uji lainnya, sebelum benar-benar digunakan pada manusia. Meski demikian, studi tersebut menemukan bahwa respon otak dan jaringan tikus uji coba tersebut, sangat baik terhadap pemakaian HDAC inhibitor itu. (mus)

Ilustrasi virus HIV. Pixabay.typographyimages

Obat HIV Pertama yang Terbukti Aman untuk Penyembuhan

Menjadi tonggak awal pengobatan HIV.

img_title
VIVA.co.id
25 September 2018