Olahraga Berlebihan Dikhawatirkan Bisa Kurangi Kesuburan

Pusat Kebugaran
Sumber :

VIVA.co.id – Berolahraga dan aktif di gym, memang sangat di anjurkan untuk menjaga kondisi tubuh. Namun, jika terlalu giat berolahraga dan melakukan aktivitas gym (over exercise) ternyata tidak hanya memiliki dampak yang kurang baik untuk tubuh, tapi juga berdampak buruk bagi kesuburan.

Sulit Hamil? Kenali Ragam Penyebabnya

Segala hal yang dilakukan berlebihan memang kurang baik, meskipun kegiatan berolahraga. Para peneliti University of North Caroline, Capel Hill, menemukan bahwa intensitas gym yang terlalu tinggi berkaitan dengan rendahnya gairah bercinta dan kemungkinan penurunan kesuburan.

"Paparan intensitas olahraga yang terlalu berat dan secara sering, berkaitan dengan penurunan libido pada pria," tulis peneliti di studi tersebut.

Pria Berpenis Kecil Cenderung Tidak Subur?

Dilansir dari laman Medical Daily, berolahraga memang memberi dampak baik seperti meningkatkan tenaga, menurunkan stres dan memangkas lemak. Namun, olahraga berlebihan dapat menurunkan jumlah hormon seks, sehingga berakibat pada rendahnya gairah bercinta.

Sebagai contoh, pada atlet perempuan, rendahnya hormon seks berkaitan pada masa menstruasi yang tidak rutin. Ketidakseimbangan hormon tersebut dapat berdampak pada stres fisik, yang memicu penurunan kesuburan.

Bawang Putih Tunggal Bisa Atasi Masalah Kesuburan, Benarkah?

Studi lain juga menemukan bahwa pria yang berolahraga dalam intensitas tinggi, berdampak pada kesuburannya. Di mana, para pria tersebut memiliki libido yang lebih rendah.

Durasi yang terlalu lama dalam berolahraga, turut berperan dalam penurunan gairah seks dan kesuburannya. Berbeda dengan pria yang berolahraga dalam intensitas ringan, tujuh kali lebih baik memiliki libido yang normal. (ren)

Ilustrasi sperma

Tanya Dokter: Bagaimana Solusi Mengatasi Masalah Kesuburan?

Pasangan yang sudah menikah dan belum memiliki keturunan meski sudah senggama rutin selama setahun, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

img_title
VIVA.co.id
6 November 2021