Bertambahnya Usia Picu Masalah Gigi Sensitif

Gigi putih.
Sumber :
  • Pixabay/ Kjerstin_Michaela

VIVA.co.id – Gigi sensitif menjadi salah satu masalah gigi yang paling banyak diderita orang. Jika dibiarkan terus menerus, kondisi ini tentu membuat penderita tak nyaman saat menyantap makanan atau minuman.

Mengenal Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Menurut penjelasan drg Farichah Hanum, MKes, Ketua PB PDGI, ada berbagai macam penyebab dari gigi sensitif. Salah satunya adalah usia.

"Karena biasanya pertambahan usia menyebabkan gusi menjadi menyusut sehingga membuat akar gigi terbuka. Akar gigi yang terbuka ini membuat apapun rangsangan yang diterima pasien, baik itu panas, dingin, atau manis, menyebabkan gigi linu," ujar Hanum saat acara Peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia di SDN Rawa Buntu 03 Serpong, Tangerang, Senin 20 Maret 2017.

Haruskah Gigi Gingsul Dihilangkan? Ini Kata Ahli

Selain itu, penyebab lain yang paling banyak dilakukan masyarakat adalah cara menyikat gigi yang salah. Banyak orang yang merasa khawatir tidak membersihkan gigi dengan maksimal sehingga menyikat dengan sangat keras.

Hal ini tentunya tidak baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Karena gigi yang digosok terlalu berlebihan dalam jangka panjang, sekuat apapun kondisi gigi, pasti akan terkikis akibat trauma terus menerus.

3 Pertolongan Pertama Gigi Berlubang, Mudah Banget!

"Lapisan emailnya akan menghilang dan akhirnya membuat gigi linu," terang Hanum. (one)

Ilustrasi gambar kopi.

Jangan Abai, Kebiasaan Ngopi Picu Gigi Kusam

Kopi, teh, cola, anggur, dan beberapa makanan bertepung seperti pasta atau kentang, dapat menyebabkan kondisi yang menyebabkan pewarnaan gigi.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2021