Sehat Tidaknya Roti untuk Diet jadi Bahan Perdebatan

Ilustrasi roti
Sumber :
  • Pixabay/Fotoshoptofs

VIVA.co.id – Roti seringkali dijadikan sebagai menu utama untuk sarapan. Selain praktis, roti mudah dikreasikan menjadi aneka hidangan. Namun beberapa waktu belakangan, banyak orang menyatakan bahwa roti sesungguhnya bukanlah menu sarapan yang sehat untuk dikonsumsi. Hal ini kemudian menimbulkan pro dan kontra.

Diet Protein Tinggi, Solusi Turunkan Berat Badan dengan Kilat

Meski menjadi perdebatan, ahli gizi Anita Bean di India justru yakin roti tetap jadi sumber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi, termasuk untuk sarapan.  

Dilansir Times of India, dia juga memberitahu mengapa karbohidrat yang ada di dalam roti baik untuk tubuh kita.

Sederet Tips Diet Sehat yang Aman Bagi Kesehatan Tubuh

"Roti bukanlah menu makanan yang harus dihindari, dan bukanlah menu makanan yang membuat berat badan Anda melonjak cepat," kata Anita.

Pakar Olahraga dan ahli gizi ini juga justru menyarankan agar roti tetap dijadikan sebagai bagian dari diet seimbang. "Yakinlah, roti bukanlah sumber karbohidrat buruk untuk Anda."

Ini 6 Makanan Diet Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi

Seperti diketahui, karbohidrat menyediakan sumber bahan bakar untuk setiap sel dalam tubuh. Bahkan karbohidrat merupakan bahan bakar yang lebih disukai untuk otak, sistem saraf dan jantung, yang menggunakan sekitar 130 gram karbohidrat setiap harinya. Hampir semua jenis kegiatan mengandalkan karbohidrat untuk energi, seperti berjalan, berlari, bersepeda, bermain sepak bola.

Tidak Tinggi Gula

Sepotong irisan roti sebenarnya tidak dibuat dengan tambahan gula, melainkan roti memang mengandung gula yang secara alami ada dalam tepung gandum atau terjadi selama proses pembakaran, sehingga kadar gula produk roti rendah.

Meskipun beberapa jenis roti gandum dapat mengandung sejumlah kecil gula tambahan untuk menyeimbangkan rasa, tapi semua roti dengan mudah memenuhi definisi untuk makanan rendah gula di Inggris (5 gram gula per 100 gram)

Karbohidrat sumber energi

Karbohidrat merupakan pasokan energi utama tubuh dan, sebagai aturan praktis, semakin aktif Anda, semakin banyak karbohidrat yang dibutuhkan karena tubuh butuh banyak energi. Roti merupakan sumber karbohidrat serta serat, vitamin B, zat besi dan kalsium, sehingga merupakan makanan yang sehat untuk dimasukkan dalam daftar diet seimbang.

Dan yang terpenting yang harus Anda tahu, konsumsi roti atau roti panggang tidak akan membuat Anda menambah berat badan. Tidak ada makanan tunggal atau gizi yang akan membuat Anda menambah berat badan. Itu hanya bisa terjadi, jika Anda mengkonsumsinya berlebihan hingga membuat berat badan bertambah.

Bagi kebanyakan orang, rencana diet rendah karbohidrat sebenarnya adalah program diet yang tidak praktis dan sulit untuk dipertahankan. Makan berbagai macam makanan dari semua kelompok makanan dalam jumlah yang tepat serta melakukan aktivitas fisik secara teratur, justru bisa dijadikan kunci menjaga tubuh tetap sehat.

Roti baik untuk pencernaan

Masalah kembung seringkali dikaitkan dengan sejumlah faktor gaya hidup, bukan karena efek konsumsi roti. Sebuah kajian dari The British Nutrition Foundation bahkan tidak menemukan hubungan antara konsumsi rutin roti dan peningkatan ketidaknyamanan pencernaan.

Studi lain juga menyebut, bahwa pola makan yang buruk, makan yang tidak teratur, makan terlalu cepat, fluktuasi hormon, peningkatan mendadak dalam konsumsi serat, stres, mengonsumsi makanan pedas, minum minuman bersoda dan kenaikan berat badan, itu semua justru yang bisa mengakibatkan kembung.

Untuk menikmati roti, tidak perlu juga dibuat dengan peralatan yang mewah. Karena, tidak ada perbedaan antara nilai-nilai gizi roti, terlepas dari cara dan dimana roti itu dibuat. Bahan utama yang digunakan untuk membuat roti kemasan tidak berbeda, mulai dari tepung, air, ragi dan sedikit garam.

Bahkan, semua produk roti sekalipun, harus menampilkan konten gizi lewat kemasan, sehingga beberapa iris roti untuk sarapan atau makan siang adalah cara mudah untuk mengontrol ukuran porsi makan Anda dan melacak asupan kalori Anda.

Anita Bean juga mengatakan, "Roti adalah baik untuk Anda dan merupakan pilihan yang sehat sebagai bagian dari diet seimbang. Ini merupakan sumber penting dari karbohidrat dan merupakan bahan bakar otak, sistem saraf dan jantung, serta semua kegiatan sehari-hari Anda termasuk olahraga."

"Roti juga diyakini rendah lemak, rendah gula. Bahkan roti gandum, juga mengandung tinggi serat, sehingga jika Anda serius untuk melangsingkan tubuh, maka roti dapat membantu Anda mencapai hal ini." (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya