5.000 Orang Bergerak Bersama Lawan Neuropati

Jakarta Neurology Exhibition Workshop and Symposium (Jaknews) 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria Fundrika

VIVA.co.id – Sebanyak lebih dari 5.000 orang bergerak bersama melawan neuropati dengan mengikuti fun walk, serta olahraga untuk kesehatan saraf (Neuromove) di acara puncak Jakarta Neurology Exhibition Workshop and Symposium (Jaknews) 2017.

Studi: Pemberian Vitamin B Kompleks Efektif Kurangi Nyeri Saraf Akibat Diabetes

Para peserta juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan saraf secara gratis di 25 lokasi Neuropathy Check Point (layanan pemeriksaan kesehatan saraf) yang tersedia di area acara,

Ketua Umum PP Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) dan Konsultan Neurologis, Prof. Dr. dr. Moh. Hasan Machfoed, Sp.S(K), M.S, mengatakan, tema ‘Bergerak Bersama #LawanNeuropati’ menjadi penting karena menunjukkan sinergi dan ajakan bagi semua pihak untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai neuropati.

Sering Disepelekan, Kesemutan dan Kebas Tanda Bahaya Saraf 'Rusak' Mengintai

"Kami dari PERDOSSl mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta serta Merck, yang secara konsisten mendukung upaya pencegahan neuropati,” kata Hasan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu 26 Maret 2017

Dia melanjutkan, gerakan ini juga merupakan bentuk respons dan dukungan kebijakan pemerintah yang fokus pada upaya preventif dan promotif, sehingga tidak hanya melakukan kegiatan kuratif, tetapi juga langsung terjun mengedukasi dan menggerakkan masyarakat, serta komunitas untuk melakukan pencegahan neuropati.

Diabetes Makin Sering Serang Usia Muda, Dokter Sebut Ini Pemicunya

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kampanye Bergerak Bersama #LawanNeuropati yang diinisiasi oleh PERDOSSI dan Merck, perusahaan sains dan teknologi. Acara ini juga dihadiri oleh Kementerian Kesehatan RI, Kemenpora RI, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

Jaknews 2017 terdiri dari kegiatan seminar dan workshop bagi dokter spesialis saraf se-Indonesia. Acara puncak Bergerak Bersama #LawanNeuropati diikuti oleh para dokter spesialis saraf, anggota PERDOSSI, pasien dengan neuropati dan anggota dari berbagai komunitas kesehatan yang ada di Jakarta.

Kebersamaan ini menunjukkan sistem yang bergerak bersama dan selaras dalam menggaungkan upaya pencegahan neuropati.

Sebagai informasi, neuropati sendiri merupakan istilah umum yang digunakan untuk kondisi-kondisi yang terkait dengan gangguan fungsi saraf. Kata ‘neuropati’ berarti kerusakan saraf dan kondisi ini bisa meliputi topik pembahasan yang sangat luas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya