Labuan Bajo Kini Miliki RS untuk Pelayanan Hemodialysis

Pelayanan Hemodialysis
Sumber :
  • dok.ist

VIVA.co.id – Rumah Sakit Umum (RSU) Siloam Labuan Bajo sudah satu tahun beroperasi. Dari waktu ke waktu selalu ada pembaharuan, seperti penambahan dokter spesialis ataupun fasilitas yang menunjang pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Salah satu yang terbaru adalah Rhinoskopi yang khusus digunakan oleh dokter Spesalis THT, CT Scan 16 Slice, dan pelayanan Hemodialysis (HD).

Begini Penampakan Mengerikan Belut Besar yang Ditemukan Hidup di dalam Perut Seorang Pria

“Untuk pelayanan Hemodialysis kami memulai sejak Oktober 2016. Saat ini kami mengoperasikan empat mesin HD yang beroperasi dari hari Senin sampai Sabtu dan melayani kurang lebih enam pasien setiap harinya. Rata-rata pasien HD yang kami layani hingga berusia  60 tahun,” kata dr. Ridwan T. Lembong, MM, MMRS, EMBA selaku Hospital Director RSU Siloam Labuan Bajo di Labuan Bajo, Provinsi NTT, melalui keterangan tertulisnya kepada VIVA.co.id.

Sementara itu menurut dr. Yosef W. Angliwarman, SpPD selaku Dokter Penanggung Jawab Pelayanan Hemodialysis RSU Siloam Labuan Bajo mengatakan, pelayanan Hemodialysis merupakan prosedur terapi pengganti ginjal dengan cara 'mencuci' sebagian darah agar racun-racun sisa metabolisme dapat dikeluarkan dari tubuh.

Anak Masuk Rumah Sakit, Ayu Dewi Sedih dan Minta Bantu Doa

Dengan pelayanan Hemodialysis, pasien dengan gagal ginjal stadium terminal dapat mencapai kualitas hidup yang lebih baik.

“Unit Hemodialysis yang terdapat di rumah sakit ini tidak hanya melayani cuci darah namun juga memperhatikan kebutuhan pasien gagal ginjal secara holistik seperti penanganan anemia, hipertensi, malnutrisi, dan psikologis,” ujar dr. Yosef.

Sadis! Paman Tikam Keponakan Usia 10 Tahun Pakai Badik hingga Tewas

Layanan kesehatan yang juga dibutuhkan oleh masyarakat Labuan Bajo yaitu pemeriksaan lengkap atau yang dikenal sebagai Medical Check Up (MCU).  

Sementara itu dr. Yuliana D. Girsang selaku dokter penanganan pasien MCU mengatakan bahwa MCU bertujuan sebagai deteksi dini adanya penyakit atau kondisi yang   cenderung menjadi suatu penyakit. Misalnya penyakit jantung dan pembuluh darah yang sesungguhnya bisa dicegah jika masyarakat peka terhadap faktor   risikonya yaitu tekanan darah tinggi dan pro/l lemak darah yang tidak bagus.

"Medical Check Up sendiri sebaiknya dilakukan 2 kali dalam setahun,” ujar dr. Yuliana.

Dalam rangka mendukung program sadar kesehatan, Siloam Labuan Bajo mengeluarkan paket pemeriksaan Medical Check Up terbaru yaitu Paket Kartini dengan harga Rp 249.000. Paket khusus untuk berlaku mulai 20 April hingga 31 Mei di RSU Siloam Labuan Bajo.

RSU Siloam Labuan Bajo sampai saat ini sudah melayani lebih dari 13.000 pasien BPJS, baik dari Kabupaten Manggarai Barat atau sekitarnya. RSU Siloam juga hadir di Labuan Bajo untuk menopang pariwisata dengan menyediakan fasilitas medis bertaraf internasional.

Siloam Hospital Labuan Bajo melayani pasien BPJS memiliki unit rawat inap dengan kapasitas 110b ed, Unit Rawat Jalan, Unit Gawat Darurat yang beroperasi 24 Jam dengan pelayanan penunjang medis seperti Kamar Operasi, Perawatan Intensif (ICU, NICU, HCU), Laboratorium, Radiologi yang dilengkapi dengan CT   Scan 16  slice, Farmasi, Pelayanan Rehab Medik, Medical Check Up dan Pelayanan Hemodialysis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya