Trik Agar Bercinta Tak Sakit Bagi Lanjut Usia

Ilustrasi pasien stroke
Sumber :
  • Pixabay/ TusitaStudio

VIVA.co.id – Alat kontrasepsi terdiri dari berbagai macam dan metode. Kondom, menjadi salah satu yang paling umum digunakan. Ternyata, di balik pemakaiannya yang rumit, kondom baik digunakan untuk mereka yang berusia lanjut.

Aurel Hermansyah Izin Pakai KB, Atta Halilintar Ragu: Boleh Gak di Agama Islam?

Kelompok lanjut usia (lansia), khususnya wanita, secara fisiologis sudah mengalami kekurangan pelumas alami. Sehingga, bercinta dengan pasangan, membuatnya terasa tidak nyaman bahkan nyeri.

"Pasangan yang memang menunda kehamilan dan sudah tua, sebaiknya memang menggunakan kondom. Karena kondom memiliki pelumas tambahan yang membuat berhubungan seks menjadi lebih nyaman," ujar Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Swasta BKKBN, Dra. Maryana, MM, kepada VIVA.co.id.

Selain Cegah Hamil, Dokter Sebut Alat Kontrasepsi Ini Kurangi Risiko Kanker Rahim 50 Persen

Menurutnya, penurunan fisik di usia tua, membuat kaum wanita sudah mengalami pengurangan pelumas alami. Sehingga, pelumas tambahan yang baik pada karet kondom, mampu meningkatkan kualitas bercinta pada lansia.

"Kenapa kondom baik untuk usia tua, karena karet pada kondom memiliki pelumas yang baik. Pemilihan karetnya juga harus tepat, agar pelumas yang digunakan memang baik dan aman," jelasnya lagi.

Pakai KB Spiral 8 Tahun? Hati-Hati Dampaknya, Begini Penjelasan dokter Boyke

Sedangkan pada usia subur, lanjut Maryana, pemakaian alat kontrasepsi jangka panjang lebih diutamakan yaitu jenis spiral. Hal ini untuk mempermudah penundaan kehamilan pada pasangan usia subur.

"Kontrasepsi jangka panjang itu lebih bermanfaat bagi usia subur. Selama steril dan rutin diperiksakan, kehamilan dapat ditunda dengan baik," kata dia. (hd)

Hutan Kota UKI

Ternyata Setiap Malam Ratusan LGBT Datang ke Hutan Kota UKI, Sudah Berlangsung 10 Tahun

Seorang pedagang yang berjualan di sekitar HutanKota UKI Adwen Tanjung mengungkap adanya aktivitas seks menyimpang yang dilakukan kaum LGBT telah berlangsung 10 tahun.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2023