Cara Aman Bercinta Saat Menstruasi

IIustrasi pacaran.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Berhubungan seksual saat masa menstruasi masih menjadi perdebatan. Ada yang mengatakan bisa dilakukan, tapi tidak sedikit yang ragu melakukannya.

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

Menurut Spesialis Andrologi, dr. Nugroho Setiawan, MS, SpAnd dari Rumah Sakit Fatmawati, mengatakan bahwa hubungan seksual saat istri sedang menstruasi sebaiknya tidak dilakukan.

"Menurut agama dan dalam ilmu kedokteran tidak dianjurkan. Tapi, memuaskan itu tidak harus alat kelamin pria masuk ke kelamin wanita," ujar Nugroho kepada VIVA.co.id.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Nugroho menambahkan, ada beberapa teori yang menyebutkan jika berhubungan seks saat mentruasi bisa menimbulkan masalah seperti endometriosis. Cara untuk memuaskan hasrat bercinta, Nugroho menganjurkan, bisa dengan bercumbu atau oral saja asalkan tidak memasukkan alat kelamin.

Sementara untuk intensitas bercinta, Nugroho mengatakan, tidak bisa disamakan antara pasangan yang satu dengan pasangan lainnya.

Populasi Perempuan yang Alami Menopause Diperkirakan Meningkat

"Tergantung, kalau misalnya tujuannya ingin memiliki anak, dianjurkan tiap dua hari. Kalau tujuannya untuk rekreasi atau relasi, setiap hari boleh," kata Nugroho.

Namun, yang terpenting, kata Nugroho, dalam hubungan seks harus diinginkan oleh kedua pihak. Dengan demikian hubungan seks dapat dinikmati. (ren)

Ilustrasi vagina

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Memang aroma vagina setiap orang itu berbeda-beda hal ini dipengaruhi oleh siklus menstruasi, hormon, hingga flora pada vagina wanita.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024