Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 17 Mei 2017 | 14:33 WIB
  • Studi: Tomat Bisa Atasi Kanker Lambung

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Diza Liane Sahputri
Studi: Tomat Bisa Atasi Kanker Lambung
Photo :
  • Pixabay/Condesign
Ilustrasi tomat

VIVA.co.id – Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan tak diragukan lagi. Sudah banyak yang membuktikan pula bahwa konsumsi tomat mampu menangkal berbagai penyakit dari yang ringan hingga penyakit serius.

Anggapan yang bermunculan di masyarakat mengenai khasiat tomat untuk mengatasi kanker ternyata terbukti, baru-baru ini sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi tomat diklaim dapat mencegah dan mengobati kanker lambung.

Dilansir dari laman Medical Daily, studi yang dipublikasikan secara online dalam Journal of Cellular Physiology menemukan bahwa ekstrak buah tomat dalam dua spesies berbeda berasal dari Italia Selatan, yakni tomat San Marzano dan tomat Corbarino, mampu mengobati pertumbuhan kanker di lambung. Tomat tersebut juga mampu mencegah sel yang bisa berubah menjadi ganas.

Selain itu, manfaat ekstrak tomat ini dapat digunakan sebagai obat tanpa campuran senyawa lain. Di sisi lain, peneliti juga meyakini bahwa tomat dari spesies lain juga mampu melawan keganasan sel kanker ini.

"Efek antitumor ini belum terlihat jelas dari zat jenis apa, mungkin saja likopen, tapi penemuan ini bisa menjadi rekomendasi konsumsi tomat yang baik dalam cegah penyakit," ujar peneliti Daniela Barone.

Dalam studi tersebut, tim peneliti menganalisis keseluruhan kandungan buah tomat dalam kemampuannya melawan sel kanker lambung. Di waktu bersamaan, peneliti juga menemukan ekstrak tomat jenis San Marzano dan Corbarino mampu menghentikan sel kanker di lambung tersebut.

Para peneliti akhirnya melihat sendiri bagaimana proses utama ekstrak buah tomat saat bertemu dengan sel kanker. Di mana, tomat di dalam lambung, mampu memicu kematian sel kanker secara ajaib.

Penemuan ini bukan pertama kalinya ditemukan khasiat baik dari buah tomat. Studi 2014 silam menemukan bahwa konsumsi 10 porsi tomat dalam satu minggu, menurunkan risiko kanker prostat sebesar 18 persen.