Tips agar Berat Badan Tak Naik di Bulan Puasa

Ilustrasi diet/menurunkan berat badan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Selain untuk beribadah, beberapa orang memanfaatkan bulan puasa untuk mengurangi berat badan. Namun terkadang, cara ini tidak berhasil bahkan berat badan justu semakin melonjak.  

Singkirkan Lemak dan Berat Badan Turun Seminggu, Hanya dengan Resep ala dr. Zaidul Akbar Ini

Lantas bagaimana caranya agar penurunan berat badan selama puasa berhasil? Berikut beberapa tips yang dapat Anda simak dikutip dari laman Al Arabiya.

Minum Cukup

Gegara Obesitas dan Tak Bisa Diet, Pria Sadis Dibebaskan dari Penjara

Kebiasaan ini memang susah-susah gampang untuk diterapkan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa air putih adalah salah satu kunci sukses diet. Konsumsi air yang cukup tidak hanya menghidrasi selama berpuasa tetapi juga mengontrol kebutuhan gula Anda setelah berpuasa.

Cukup konsumsi delapan gelas air sehari. Dua gelas setelah berbuka, empat gelas di antara malam hari jelang sahur dan dua gelas saat sahur.

Ada yang Bikin Berat Badan Naik, Simak 5 Mitos Diet Berikut Ini

Perlu diingat bahwa kopi tidak termasuk di dalamnya. Hindari minuman bersifat diuretik. Sebaliknya, perbanyak minum teh herbal sebagai pengganti air mineral biasa untuk melindungi perut selama puasa.

Makan secukupnya saat berbuka

Metabolisme tubuh menurun saat berpuasa, begitupula dengan energi. Berbukalah dengan kurma untuk mengisi kebutuhan gula setelah menahan lapar. Setelahnya konsumsi makanan seperti sup, buah atau sayur dan hindari cream soup dan makanan kaya karbohidrat lain.

Jangan makan terlalu terburu-buru. Beri jeda perut untuk 'bernafas'. Anda bisa lakukan salat terlebih dahulu. Ketika perut siap jangan makan hingga kalap.

Jangan Lewatkan Sahur

Melewatkan sahur akan membuat Anda lapar di siang hari dan dapat memicu makan berlebihan saat berbuka. Saat sahur hindari makanan dengan kadar garam tinggi agar tidak haus, konsumsi makanan berprotein tinggi dan karbohidrat kompleks agar rasa lapar tidak cepat datang.

Jangan Malas-malasan

Puasa bukan alasan untuk Anda bermalas-malasan sepanjang hari. Justru sebaliknya, tingkatkan aktivitas Anda lebih tinggi dari biasanya. Perlu diketahui bahwa lemak lebih banyak terbakar saat perut dalam keadaan kosong. Setelah berbuka, usahakan untuk berolahraga ringan selama 30 menit.

Hindari Gula Buatan

Gula adalah salah satu faktor naiknya berat badan di bulan puasa. Usahakan untuk mengosumsi gula alami yang berasal dari sayur, buah-buahan dan madu. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya