Aturan Makan Sehat Penderita Diabetes saat Berpuasa

Tes darah penderita diabetes.
Sumber :
  • REUTERS/Lucy Nicholson

VIVA.co.id – Menjalan ibadah puasa bagi penderita diabetes tidak sama dengan mereka yang tidak menderita diabetes. Sebab, bagaimana pun pasien tetap perlu menjaga kadar gula darahnya.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Namun, berbeda dengan hari normal, pola makan yang tidak lagi sama pada puasa perlu diatasi dengan trik makan yang berbeda. Ahli penyakit dalam, dr. Em Yunir, SpPD-KEMD dari PB PERKENI mengatakan, sebaiknya porsi makan lebih diperbanyak pada waktu buka puasa.

"Karena ada perubahan pola makan yang biasanya tiga kali digeser jadi dua kali, yang dikasih makan agak banyak pada waktu buka puasa menjelang tidur ada snack lagi, dikompensasinya di situ. Jadi kalori yang tadinya 1.900 tetap jumlahnya," ujar Yunir kepada VIVA.co.id.

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Sementara porsi pada saat sahur tetap sama seperti biasa. Sedangkan yang diubah, lanjut Yunir, adalah konsumsi obat. Bila biasanya minum satu atau dua kali bisa digeser menjadi di waktu sahur atau buka saja. Misalnya untuk obat golongan sulfonilurea, yang biasanya diminum pagi digeser ke waktu buka puasa.

Karena, jika diminum setelah sahur dia akan berisiko mengalami hipoglikemia atau kadar darah menurun drastis. Sulfonilurea yang berisiko hipoglikemia tinggi digeser konsumsinya pada waktu buka puasa agar ada periode tidak berpuasa di mana pasien masih bisa menerima asupan makanan.

Azab, Dosa Membatalkan Puasa Secara Sengaja di Bulan Ramadhan Ternyata Sangat Besar
Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024