Mengapa Ibu Hamil Sering Mual saat Puasa?

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Saat hamil, seringkali para calon ibu memilih untuk tidak berpuasa. Ini dilakukan, karena khawatir nutrisi janin tak mencukupi. Padahal, dengan pilihan makan sahur yang tepat, berpuasa saat hamil, bisa dilakukan dengan lancar.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Nutrisi seimbang seperti karbohidrat, protein, serta mineral, sudah menjadi keharusan bagi para wanita yang sedang mengandung. Tetapi, pemilihan dari sumber nutrisi seimbang itu harus dipilih sesuai kebutuhan ibu hamil.

"Tips sahur dengan nutrisi seimbang yaitu dari karbohidrat kompleks seperti oatmeal, nasi merah atau roti gandum, sedangkan protein tinggi harus diperbanyak saat sahur agar menjadi cadangan energi di pagi hari," ujar spesialis gizi, dr. Diana Suganda M.Kes., Sp.GK., beberapa waktu lalu.

Azab, Dosa Membatalkan Puasa Secara Sengaja di Bulan Ramadhan Ternyata Sangat Besar

Menurut Diana, pemilihan olahan yang digoreng dengan minyak terlalu banyak, sebaiknya dihindari. Sebab, minyak yang berlebihan masuk ke tubuh, bisa memicu mual pada ibu hamil.

"Hindari makanan berlemak yang berasal dari goreng-gorengan. Karena, makanan berlemak sangat lama diproses di pencernaan sehingga memicu mual saat berpuasa. Kalau sangat ingin mengolah makanan dengan minyak goreng, bisa dengan tumis saja," lanjut dokter yang bekerja di RS Pondok Indah Bintaro itu.

Viral Curhat Wanita Soal Janinnya yang Tiba-Tiba Hilang, Kok Bisa?

Dilanjutkannya, dengan olahan tumis, minyak goreng yang digunakan tidak terlalu banyak dan asupan lemak dapat diminimalisir. Selain itu, konsumsi cairan serta serat juga harus diperbanyak, guna membuat tubuh lebih kuat beraktivitas.

"Cairan dari air putih tidak boleh kurang, ditambah dari sayur dan buah. Serat tinggi dari sayur dan buah juga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama," kata dia. (one)

Ilustrasi wanita hamil mengemudi

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya

Pada momen mudik Lebaran 1445H ini, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) membuka Posko Mudik 'Posko OPOR Bu Bidan' di beberapa lokasi titik mudik. Ada di wilayah mana saja?

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024