Klasifikasi Jenis Leukemia dari yang Akut hingga Langka

Ilustrasi sel kanker.
Sumber :
  • Pixabay/skeeze

VIVA.co.id – Leukemia merupakan penyakit yang terjadi pada jaringan pembentuk darah di dalam tubuh. Para dokter mengklasifikasikan leukemia berdasarkan pada kecepatan perkembangannya dan jenis sel yang terlibat.

Kubis Merah, Sayuran Terbaik Sembuhkan Penyakit Leukimia

Klasifikasi pertama, dikutip dari laman Mayo Clinic, adalah dari seberapa cepat leukemia berkembang.

Leukemia akut

Kerinduan Ririn Ekawati pada Mendiang Suami

Pada leukemia akut, sel darah abnormal merupakan sel darah yang tidak matang (hancur). Sel darah ini tidak bisa melaksanakan fungsi normalnya, dan berkembang dengan sangat cepat, sehingga penyakit dengan cepat memburuk. Leukemia akut membutuhkan pengobatan yang agresif dan berkala.

Leukemia kronis

Cara Berbeda Ririn Ekawati Ungkapkan Perasaan

Ada beberapa jenis leukemia kronis. Sebagian memproduksi terlalu banyak sel dan sebagian menyebabkan terlalu sedikit sel yang diproduksi. Leukemia kronis melibatkan sel darah yang lebih matang. Sel-sel darah ini bereplika atau berakumulasi lebih lambat dan dapat berfungsi normal selama beberapa waktu. Beberapa bentuk leukemia kronis awalnya tidak memperlihatkan gejala awal dan bisa tidak tersadari atau tidak terdiagnosis selama beberapa tahun.

Klasifikasi kedua leukemia adalah berdasarkan tipe sel darah putih yang terinfeksi.

Leukemia limfositik
Leukemia jenis ini mempengaruhi sel lifoid (limfosit) yang membentuk jaringan limfoid atau limfatik. Jaringan limfatik adalah jaringan yang membentuk sistem imun Anda.

Leukemia myelogenous
Jenis leukemia ini mempengaruhi sel myeloid. Sel myeloid yang meningkatkan sel darah merah, sel darah putih, dan sel yang memproduksi trombosit.

Sedangkan jenis leukemia ada beberapa janis leukimia besar yang umum terjadi.

Leukemia limfositik akut
Merupakan jenis leukemia yang umum terjadi pada anak-anak kecil. Tapi, bisa juga muncul pada orang dewasa.

Leukemia myelogenous akut
Merupakan jenis leukemia yang sering terjadi. Bisa muncul pada anak-anak dan orang dewasa. Leukemia jenis ini adalah yang paling sering terjadi pada leukemia akut orang dewasa.

Leukemia limfositik kronis
Ini merupakan jenis leukemia kronis yang sering terjadi pada orang dewasa, Anda bisa merasa baik-baik saja selama bertahun-tahun tanpa butuh pengobatan.

Leukemia myeolgenous kronis
Leukemia jenis ini lebih utama menyerang dewasa. Seseorang yang terkena leukemia jenis ini mungkin memiliki sedikit gejala atau tidak sama sekali selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sebelum memasuki fase di mana sel leukemia berkembang lebih cepat.

Jenis lainnya
Ada jenis leukemia langka, yang meliputi leukemia sel rambut, sindrom myelodisplastik, dan gangguan myeloproliferatif. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya