Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 20 Juni 2017 | 03:30 WIB
  • Obat yang Wajib Dibawa saat Mudik Bersama Anak

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Diza Liane Sahputri
Obat yang Wajib Dibawa saat Mudik Bersama Anak
Photo :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Ilustrasi kendaraan pemudik.

VIVA.co.id –  Kenyamanan saat mudik, khususnya bersama si kecil, menjadi prioritas utama. Untuk itu, kebutuhan utama untuk buah hati, tentunya harus dipersiapkan sebelum memulai perjalanan, termasuk obat-obatan yang penting sebagai pertolongan pertama.

Dituturkan spesialis anak RS Evasari, dr. Rosary SpA., persiapan mudik dengan balita harus dimulai dengan pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan pada anak. Sehingga, saat di perjalanan, kenyamanan bisa tercipta dengan kondisi fisik yang maksimal dari anak.

"Kalau mau mudik nyaman bareng balita, utamakan jaga kesehatan dan periksa si kecil ke dokter. Dari situ bisa dipersiapkan kebutuhan makanan, minuman, pakaian, serta obat untuk anak," lanjut Rosary.

Salah satu penyakit yang umum diderita anak saat mudik yaitu batuk atau pilek. Kondisi tersebut, lanjut Rosary, harus mempersiapkan obat jenis mukolitik, dekongestan,dan anti alergi.

"Berikan dekongestan agar kondisi anak bisa membaik. Selain itu, biasanya demam sering hadir saat di perjalanan mudik, sehingga harus dipersiapkan parasetamol dan cairan yang banyak untuk si kecil," kata dia.

Termometer, jika ada, juga bisa dibawa untuk terus memantau suhu si kecil. Jika sudah sampai kondisi diare, siapkan oralit atau larutan gula garam. Berikan pula makanan yang mudah dicerna.

"Bila penyakit yang sering timbul pada anak adalah mabuk kendaraan, sebelum berangkat dapat diberikan dahulu obat untuk mengurangi mual dan muntah. Usahakan berikan minum jika kondisi anak telah membaik dan ajak anak untuk melihat keluar jendela atau pemandangan yang jaraknya jauh dan mengurangi pemakaian gadget."