Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 20 Juni 2017 | 10:21 WIB
  • Makanan Ini Bisa Bikin Bahagia Saat Puasa

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti
Makanan Ini Bisa Bikin Bahagia Saat Puasa
Photo :
  • Pixabay
Mengonsumsi pisang dianggap dapat membantu tidur lebih nyenyak

VIVA.co.id – Saat menjalani puasa, manusia tidak hanya diwajibkan menahan diri dari rasa lapar dan haus. Tapi juga wajib menahan amarah dan emosi.

Tak jarang, ketika berpuasa, seseorang akan mudah tersulut emosi. Hal ini, membuat orang yang berpuasa, tergoda melampiaskan amarahnya dengan cara yang tak terkontrol.

Namun tahukah Anda, suasana hati yang buruk dan rasa emosi sebenarnya bisa diredam. Caranya sederhana, hanya dengan mengonsumsi sejumlah makanan bergizi ketika sahur dan berbuka puasa.

Dilansir laman Al Arabiya, berikut beberapa makanan yang bisa membuat suasana hati lebih bahagia selama Ramadan.

Chamomile

Aromanya yang menenangkan seringkali membuat Anda merasa relaks. Chamomile biasanya ada dalam teh. Saat sahur, sempatkan diri menikmati teh dengan chamomile, dijamin rasa lelah yang Anda rasakan selama beraktivitas di bulan puasa bisa sembuh. Tak hanya itu, aroma chamomile juga bisa membantu melepaskan stres.

Vitamin B

Konsumsi makanan mengandung vitamin B juga bisa menenangkan Anda saat berpuasa. Sumber vitami B ini bisa diperoleh dari kurma. Konsumsi kurma secara rutin saat berbuka bisa meningkatkan sistem saraf seseorang.

Kalium

Kandungan kalium yang terdapat dalam makanan juga bisa mengurangi kelelahan dan ketegangan. Kalium ini bisa ditemukan pada pisang.

Potasium

Makanan mengandung tinggi potasium juga bisa meningkatkan suasana hati saat puasa menjadi lebih tenang. Kacang merah juga kaya potasium, dan dikemas dengan protein. Konsumsi kacang merah saat berbuka dan sahur bisa mengurangi gangguan psikologis.

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kaya akan folat, juga dikenal sebagai vitamin B9. Sayur-sayuran ini dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang. Buah Bit juga mengandung folat. Buah berwarna merah ini juga kaya akan cairan urin dan magnesium, dan membantu melawan depresi.

Vitamin B6

Terakhir, vitamin B6 pada ubi jalar, juga turut meningkatkan kesehatan mental.