Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 20 Juni 2017 | 10:44 WIB
  • Daftar Camilan yang Tak Boleh Dibawa saat Mudik

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Adinda Permatasari
Daftar Camilan yang Tak Boleh Dibawa saat Mudik
Photo :
  • Pixabay/Pexels
Ilustrasi donat

VIVA.co.id – Camilan umumnya menjadi salah satu bawaan wajib saat melakukan perjalanan jauh. Tak terkecuali saat perjalanan mudik, camilan bisa jadi solusi mengisi perut saat terjebak macet.

Namun demikian, mengonsumsi camilan saat mudik juga ada aturannya. Dokter spesialis olahraga dr Rachmad Wishnu Hidayat, SpKO, menjelaskan, aturan dalam mengnsumsi camilan adalah dua kali dalam sehari. Yaitu, sekitar jam 10 atau antara sarapan dan makan siang, serta sekitar jam 3-4 sore atau antara makan siang dan makan malam.

"Ketika perjalanan mudik, patuhilah aturan camilan tersebut. Snack yang dimakan adalah snack yang sehat yang rendah kalori," ujar Wishnu kepada VIVA.co.id.

Untuk itu, ketika ingin mengonsumsi atau membawa camilan untuk perjalanan mudik, bacalah terlebih dahulu informasi gizinya. Lihat pada kemasan berapa jumlah kalori yang ada dalam makanan ringan tersebut. Wishnu menyarankan agar membawa camilan seperti gandum, oat atau dari biji-bijian yang memiliki kandungan gula rendah.

Sebaiknya hindari camilan seperti cokelat atau makanan dengan kandungan gula dan lemak tinggi. Alternatifnya, Anda juga bisa membawa buah-buahan yang lebih sehat.

"Makan banyak camilan disebabkan asupan makanan besar yang kurang. Pemenuhan nutrisi dari makanan padat yang kurang tidaklah baik sehingga membuat sering merasa lapar dan akhirnya mengonsumsi camilan terus-menerus," kata Wishnu mengingatkan.

Selain itu, cairan juga penting ketika dalam kondisi perjalanan mudik. "Jangan lupa cairan. Kebanyakan rasa lemas, pusing, terutama dikarenakan kurangnya cairan," ujarnya.

Bagaimana pun, tidak sama dengan energi yang masih tersimpan cadangannya di tubuh, cairan tidak memiliki cadangan dalam tubuh sehingga jika kebutuhan cairan ini tidak terpenuhi, kita akan merasa lemas.

Namun, jika asupan cairan sudah terpenuhi tapi kemudian merasakan pusing dan lemas, itu artinya kita sudah kekurangan energi. (one)