Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 20 Juni 2017 | 11:49 WIB
  • Beli Baju Lebaran, Wajib Cuci Dahulu Sebelum Digunakan

  • Oleh
    • Anisa Widiarini
Beli Baju Lebaran, Wajib Cuci Dahulu Sebelum Digunakan
Photo :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan
Baju koko

VIVA.co.id – Bagi para wanita, berbelanja pakaian misalnya pada momen lebaran atau pada saat-saat tertentu rasanya mungkin seperti menemukan soulmate. Jika sudah cocok, biasanya tak butuh waktu lama untuk berpikir membelinya.

Apalagi jika pakaian tersebut sudah lama diincar. Tentunya seketika didapatkan, maka tak sabar ingin langsung memakainya. Eits, tapi tunggu dahulu sebelum Anda buru-buru memakai baju yang baru Anda beli, sebaiknya cucilah terlebih dahulu.

Ternyata mencuci baju yang baru dibeli sebelum dipakai sangat penting dilakukan. Karena jika hal itu Anda lewatkan, ada bahaya mengancam di baliknya.

Siapapun tidak bisa menjamin kebersihan baju yang di pajang di pusat perbelanjaan. Memang, semua itu tergantung dari mana Anda membelinya. Apakah di butik, pusat perbelanjaan, di pasar, atau online.

Dilansir dari laman Today, pakaian yang umum dijual berpotensi mengandung serangga kasat mata yang bisa menyebabkan gatal, hingga ruam pada kulit.

Lebih lanjut, Donald Belsito profesor dari dermatologi di Colombia University Medical Center mengatakan bahwa hampir 90 persen pakaian yang dijual di pasaran tidak bersih.

Penelitian yang dilakukan Belsito dan dimuat dalam The Wall Street Journal ini juga menyebutkan bahwa bahan baku pembuat pakaian tersebut seperti pewarna dan resin formaldehida berpotensi memicu iritasi kulit atau memicu reaksi alergi.

"Saya menemukan beberapa kasus menempelnya kutu yang terbang atau hinggap dari luar toko. Dan selama dipajang, memungkinkan kutu tersebut berkembang biak," ujar Belsito.

Selain itu pada kasus lain, Belsito mengungkapkan bahwa kemungkinan lain adalah kamar pas (ruang ganti) pada toko juga salah satu pemicu penularan penyakit kulit akibat kontak dengan orang lain. Belum lagi pengiriman pakaian dari tempat produksi ke toko, yang tidak diketahui bagaimana prosesnya. Entah berapa banyak tangan yang sudah memegang baju pakaian tersebut.

"Bisa saja jamur pernah menempel pada baju tersebut. Lebih baik cuci terlebih dahulu baju baru yang akan Anda gunakan. Cuci dua kali juga lebih disarankan," ujarnya.