Makanan "Pintar" untuk Otak

Acai Berry
Sumber :
  • longevity.about.com

VIVAlife –  Ingin tubuh sehat, makanan pun harus sehat. Begitu juga dengan otak, tak banyak orang mengetahui tentang asupan untuk otak. Yang mereka ketahui hanyalah bagaimana menghindari MSG. Sebagian orang percaya kalau MSG dapat merusak fungsi otak.

Untuk menjaga kesehatan otak banyak hal yang harus diperhatikan. Selain permainan, asupan nutrisi juga harus diperhatikan, Makanan dengan kandungan omega 3 dan antioksidan akan dengan mudah menjaga kualitas otak.

Berikut asupan makanan terbaik untuk otak Anda seperti dikutip dalam myhealthnewsdaily :

1. Wortel
Selain sangat bermanfaat bagi kesehatan mata, ternyata wortel juga baik untuk menjaga kondisi otak. Senyawa luteolin yang ada pada wortel, dapat mengurangi defisit memori yang berakitan dengan usia dan peradangan di otak. Disamping itu, minyak zaitun, paprika, dan seledri juga memiliki kandungan luteolin yang tinggi.

2. Berries

Menurut beberapa penelitian, menambahkan vitamin yang kaya akan berry dapat meningkatkan memori otak. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan, orang dewasa yang mengonsumsi jus blueberry, akan mengalami peningkatan pada kemampuan ingatan  setelah 12 minggu .

3. Kopi dan teh
Selain membuat Anda terjaga dipagi hari, kopi dan teh juga dapat mencegah penyakit Alzheimer dan meningkatkan fungsi kognitif. Lain hal dengan teh yang menunjukkan efek protektif pada otak. Pada tahun 2010, sebuah studi yang dilakukan pada 716 orang dewasa di Cina menunjukkan, 55 orang diantaranya menjadi cepat lebih tua  karena tidak pernah mengonsumsi teh.

4. Bayam
Sayuran berdaun hijau yang sarat dengan vitamin C dan E ini dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif otak . Adanya kandungan asam folat pada sayuran ini dapat meningkatkan konsentrasi, apalagi jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Tentunya akan sangat baik untuk perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024