Kenapa Wanita Dianggap Lebih Baik Jadi Bos

Pebisnis Wanita
Sumber :
  • iStockphoto
VIVAlife
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan
- Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa wanita adalah atasan yang lebih baik dibandingkan pria. Seperti dilansir laman
Telegraph
Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein
, karena wanita dianggap lebih adil dalam membuat keputusan saat terjadi konflik kepentingan.
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun

Studi yang dilakukan untuk International
Journal of Business Governance and Ethics
 mensurvei 600 dewan direktur mengenai pendekatan mereka dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan perusahaan. Hasilnya, direktur wanita lebih mempertimbangkan bagaimana keputusan yang ia buat akan berpengaruh kepada investor, pemegang saham, dan staf perusahaannya.


Saat mengambil keputusan, wanita juga lebih sering menanyakan pendapat orang lain sehingga memiliki sifat yang lebih kooperatif dibandingkan pria. Itulah sebabnya perusahaan di mana direktur wanita berpengaruh di dalamnya, umumnya lebih sukses dibanding perusahaan yang didominasi pria.


Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa memiliki banyak anggota wanita di dalam anggota dewan tak hanya baik untuk persamaan gender, namun juga bagi kemajuan bisnis.


Studi diprakarsai profesor manajemen srategis, Chris Bart dari McMaster University di Kanada dan Gregory McQuee dari A.T.Still University di Arizona. Adapun 75 persen dari 600 anggota dewan yang diteliti adalah pria.


Para peneliti menemukan bahwa pria cenderung mengambil keputusan berdasarkan peraturan dan metode tradisional. Sementara itu, wanita lebih suka mencoba cara-cara baru dalam menghadapi suatu masalah.


"Temuan kami menunjukkan bahwa memiliki anggota dewan wanita tak hanya hal yang tepat dilakukan suatu perusahaan, tetapi juga cara yang pintar untuk membantu memajukan perusahaan," ujar Profesor Bart.


Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa perusahaan yang memiliki lebih banyak wanita sebagai anggota dewan memiliki bisnis yang lebih baik dan memiliki risiko bangkrut yang lebih kecil. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya