VIDEO: Sensasi Kopile, Kopi Kedelai Non Kafein

Kopi.
Sumber :
  • greatcoffeeideas.wordpress.com

VIVAlife - Mengkonsumsi minuman berkafein dalam jangka panjang sudah banyak diketahui orang bisa menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan. Namun, seorang pemuda di Bantul, Yogyakarta, Wahyu Prasetya Hadi berhasil membuat kreasi baru, kopi non kafein berbahan dasar kacang kedelai yang aman dikonsumsi bagi Anda yang khawatir akan efek samping kafein.

Awal Mula Dosen Untan Diduga Joki Nilai Mahasiswa S2: Tak Pernah Kuliah Tapi Ada Nilainya

Kopi ini diberi nama olehnya Kopile. Lihat videonya

Berbekal pengalaman membuat kopi tradisional di Lampung, ia berniat mengembangkan produksi kopi olahan tradisional di Bantul. Namun susahnya mendapatkan bijih kopi membuat dia kesulitan. "Tidak ketemu biji kopi yang asli, jadi saya coba buat kopi dari kedelai," dia mengisahkan.

Ia kemudian mencoba mengolah kedelai putih menjadi serbuk kopi. Cara pengolahannya pun sama persis dengan cara mengolah bijih kopi pada umumnya.

Pertama, kedelai dicuci bersih, lalu disangrai. Setelah itu, hasil sangrai diblender halus dan disaring. Hasilnya, bentuk dan harumnya sama seperti kopi pada umumnya.

Hadi tak menyangka kreasinya digemari banyak orang. Ia pun memberanikan diri untuk membuat kopi kedelai dalam kemasan dan menitipkannya ke warung-warung.

Bagi Anda penggemar kopi namun takut akan bahaya kafein, mungkin sensasi kopi kedelai buatan Hadi bisa dicicipi. (kd)

Mobil lawan arus di jalur satu arah di BSD, Tangerang Selatan.

Detik-detik Pengemudi Zenix Lawan Arah di BSD, Diingatkan Malah Marah

Polisi telah menyelidiki kejadian mobil lawan arah tersebut.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024