Trik Cegah Biaya Kuliner Membengkak Saat di Luar Negeri

Menyusuri jalanan Gangnam di Korea Selatan
Sumber :
  • REUTERS/ Lee Jae-Won

VIVAlife - Berburu kuliner jadi salah satu tujuan para wisatawan saat melancong ke luar negeri. Namun sebelum mencicipi berbagai menu di restoran, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu mengenai restoran di negara - negara yang Anda kunjungi.

Momen Presiden Joko Widodo jadi Saksi Nikah Anak Wamenaker Afriansyah Noor

Jangan sampai, Anda merasa dirugikan saat harus membayar makanan yang sudah Anda pesan karena tidak memerhatikan menu dengan seksama. Untuk membantu Anda, VIVAlife sudah merangkum berbagai tips memesan makanan di restoran empat negara agar tagihan tak membengkak seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Italia

Perhatikan menu makanan dengan baik saat memesan makanan di Italia. Beberapa restoran di Italia biasanya akan memberikan tambahan biaya untuk hal-hal yang tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Fairuz A Rafiq Beberkan Kondisi Terkini Usai Dilarikan ke RS Bersama Buah Hati

Jangan sampai kejadian sekelompok turis di Venesia yang harus membayar Rp1,4 juta hanya untuk empat gelas espresso turut menimpa Anda. Kejadian tersebut terjadi karena turis-turis tersebut tidak membaca biaya tambahan untuk musik sekitar Rp 600 ribu yang tercantum dalam menu.

2. China

Di China tidak banyak restoran yang menyediakan menu makanan berbahasa Inggris, kecuali untuk restoran-restoran di kota besar. Jadi sebelum memesan makanan, sebaiknya minta teman Anda atau pelayan menerjemahkan menu ke Bahasa Inggris.

Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih

Makan di restoran China juga ternyata memiliki beberapa aturan. Beberapa restoran menganggap bahwa akan sangat sopan jika Anda berniat membayarkan pesanan di meja sebelah Anda. Tapi jangan coba-coba melakukannya hanya untuk sekadar basa-basi.

3. Jepang

Restoran di Jepang biasanya sudah menyiapkan segelas air atau teh di atas meja yang disediakan secara gratis. Selain itu jangan aneh jika Anda menemukan handuk basah atau oshibori di meja, handuk tersebut disediakan pihak restoran untuk membersihkan tangan Anda sebelum makan.

Sama dengan China, restoran di Jepang juga tidak banyak menyediakan menu Berbahasa Inggris. Namun biasanya, di depan pintu masuk sudah diperlihatkan replika menu yang disediakan di restoran tersebut, termasuk harga yang harus dibayarkan.

Jangan coba-coba memberikan tips untuk pelayan di restoran Jepang, jika Anda tidak ingin para pelayan mengejar Anda hanya untuk sekadar mengembalikan uang tips Anda.

4. Prancis

Saat makan di restoran Prancis, biasanya sebelum memesan Anda akan ditanya terlebih dahulu ingin memesan menu utama atau a la carte.  Jika tidak ingin mengeluarkan biaya berlebih, Anda bisa langsung menyebutkan harga yang tertera. Hal tersebut merupakan sesuatu yang lumrah dilakukan di restoran Prancis.

Satu hal yang harus diingat, setelah Anda selesai makan para pelayan akan menawarkan Anda hidangan penutup atau kopi. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk sopan santun. Tetapi menu penutup dan kopi yang ditawarkan tidaklah gratis. Oleh karena itu jangan mengatakan 'ya' jika tidak ingin mendapat biaya tambahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya