Bir Hitam Bisa Dibuat Bercita Rasa Karamel

Bir hitam rasa karamel
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Saat ini bir menjadi bagian dari gaya hidup bagi beberapa kalangan. Minuman ini terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari ale, lager, malt hingga stout, dan dari light hingga dark beer.

Makin Bebas, Negara Arab Ini Buka Pabrik Minuman Keras Pertamanya

Keluarga baru dari merk bir ternama San Miguel belum lama ini menghadirkan varian baru San Miguel Cerveza Negra. Varian ini memiliki rasa yang unik ketimbang bir lain.

Dari penggunaan bahan misalnya. Bir ini terbuat dari sebuket gandum hitam impor yang dipanggang hingga menghasilkan campuran sensasi rasa pahit sekaligus manis saat ditenggak. Tidak hanya itu, rasa karamel dan kopi serta sentuhan butterscotch juga memberikan cita rasa unik pada bir ini.

Sejarah Minuman Betawi Bir Pletok dan Cara Membuatnya

Cita rasa minuman satu ini juga tidak tergolong pahit seperti bir pada umumnya.

"Bir ini unik karena gandumnya spesial, sehingga ada pahit bir dan ada manis karamel. Ini bir pertama dark lager dengan rasa karamel," ujar Jaka Sebastian selaku Brand Manager San Miguel kepada VIVA.co.id baru-baru ini.

Kisah Charlene de Carvalho Heineken, Generasi Ketiga Raksasa Bir Dunia

Jika dinilai dari aroma, bir tersebut memiliki aroma yang bervariasi. Terdapat aroma cokelat, karamel, gandum dan aroma serupa anggur.

Bir dengan kandungan alkohol 4.9 persen itu  juga cocok dinikmati dengan beberapa santapan kaya rasa seperti daging panggang dan olahan daging merah lainnya. Anda juga dapat menggunakan bir ini sebagai pengganti wine saat memasak.

"Kalau di-pairing bisa meningkatkan cita rasa makanan. Kalau bir yang strong cocok dengan makan rich flavour," ujar Jaka.

Perlu diingat bahwa bir diperuntukkan untuk kalangan usia 21 ke atas. Jangan lupa pula untuk mengonsumsi bir dengan bertanggung jawab. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya