Jangan Rebus Air Keran untuk Membuat Kopi

Kopi.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA.co.id – Menyeruput secangkir kopi di pagi hari memang dapat memberikan suntikan energi untuk memulai aktivitas. Tapi, tahukah Anda, meski mendapatkan secangkir kopi hangat sangat mudah dilakukan, ada beberapa kesalahan dalam membuat kopi yang masih dilakukan banyak orang.

Terpopuler: Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi, Balenciaga Jual Gelang Lakban Rp51 Juta

Dilansir dari laman The Sun, berikut ini delapan langkah salah dalam membuat kopi.

Menggunakan air keran

Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi saat Ramadhan, Baiknya Diminum Buka atau Sahur?

Menyeduh kopi dari rebusan air keran ternyata dapat merusak biji kopi di cangkir Anda. Beberapa pembuat kopi andal biasanya akan memiliki saringan tersendiri untuk menyaring air yang digunakan untuk menyeduh kopi.

Suhu yang salah

Keji, Tentara Israel Tembaki Warga Gaza yang Tunggu Bantuan di Kota Gaza

Biasanya Anda akan langsung menuangkan air yang baru saja mendidih ke cangkir kopi, dan itu adalah langkah yang salah. Suhu yang tepat untuk menyeduh kopi adalah lebih rendah dari suhu mendidih.

Menggunakan air yang terlalu panas bisa membuat rasa kopi seperti hangus. Suhu 96 derajat Celsius adalah suhu yang tepat.

Cara menyimpan kopi

Untuk hasil yang baik, biji kopi sebaiknya disimpan di dalam lemari es atau freezer karena dapat membuat biji tetap kering. Aturan lainnya adalah, udara, cahaya dan kelembapan bisa berakibat buruk untuk kopi. Jadi simpan kopi di dalam wadah kedap udara dan di tempat yang dingin dan gelap.

Menggiling kopi

Ukuran butiran kopi yang Anda giling bisa sangat mempengaruhi rasa. Jika kopi Anda terasa pahit, kemungkinan Anda menggiling terlalu halus. Jika terasa hambar, kemungkinan butirannya terlalu kasar.

Biasanya, metode menyeduh yang melibatkan kontak langsung dengan air, lebih membutuhkan gilingan kopi yang lebih kasar, dan begitu pula sebaliknya.

Menggunakan kopi basi

Kopi juga bisa basi dan beberapa ahli percaya, kopi hanya bertahan beberapa minggu saja sejak dipanggang sebelum kedaluwarsa. Jadi, belilah satu kantung saja dalam satu waktu.

Mendiamkan kopi

Setelah menyeduhnya, segeralah nikmati kopi Anda. Untuk mendapatkan rasa yang maksimal, minumlah kopi selagi panas dan jangan diamkan kopi di dalam ceret terlalu lama karena rasanya perlahan akan berkurang.

Digiling terlebih dahulu

Biji kopi harus dihaluskan dahulu sebelum diseduh. Tapi, menggunakan kopi yang sudah digiling terlalu lama akan membuat kopi terasa basi. Untuk mendapatkan kopi dengan rasa terbaik, giling biji kopi sebelum menyeduhnya.

Minum terlalu pagi

Anda mungkin merasa butuh minum kopi segera setelah bangun tidur, tapi rupanya ini bisa merusak kenikmatan kopi. Sejumlah peneliti sebelumnya menemukan bahwa kopi sebaiknya tidak dikonsumsi antara pukul 08.00-09.00 pagi, karena meminum di waktu ini bisa meningkatkan kadar toleransi Anda terhadap kafein. Artinya, Anda akan butuh lebih banyak kopi lagi untuk tetap terjaga. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya