Cara Mudah Mengetahui Adonan Kue yang Mengembang

Ilustrasi membuat kue.
Sumber :
  • Pixabay/Alexas_Fotos

VIVA.co.id – Kerap kali kue yang sudah dibuat susah payah, justru tidak membuahkan hasil yang memuaskan setelah dipanggang. Salah satu penyebabnya, bisa saja karena adonan kue tidak diaduk hingga sempurna.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Memang ini tidak menjadi masalah bagi sebagian orang, namun bagi Anda yang baru mencoba membuat kue, barangkali tips berikut dapat bermanfaat.

Sebenarnya, untuk mengetahui apakah adonan sudah mengembang dengan baik, atau belum sangatlah mudah. Chef Petrus Nugraha dari Anchor Food Professionals mengatakan, Anda cukup melihat lelehan adonan saat diangkat dengan sendok.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

"Kalau diangkat dengan sendok, saat dibalikkan adonan seperti mau jatuh, tetapi gantung," kata Chef Petrus kepada VIVA.co.id di Jakarta belum lama ini.

Jika belum terlihat lelehan saat adonan diangkat dan adonan masih menempel pada sendok misalnya, sebaiknya lanjutkan mengadon hingga mengembang.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

"Kalau adonannya diam, terlalu kaku, nanti hasil kuenya akan keras. Kalau ada gerakan mulur hingga menetes itu kurang ngembang," ujarnya menambahkan.

Memang tidak mudah, kata Chef Petrus, Anda perlu berlatih berulang kali untuk mengetahui apakah adonan sudah mengembang sempurna atau belum.

"Kalau sudah mengembang, baru masukkan bahan-bahan kering lain. Aduknya hati-hati dari atas ke bawah," ucapnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya