Rekomendasi Restoran Turki Berharga Terjangkau di Jakarta

Meftune Kuzu Incik Lamb Shank.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Makanan khas Turki sudah banyak dijual di Jakarta. Namun, hidangan otentiknya biasanya identik dengan harga yang mahal.

Kuliner Unik Ramadhan, Soto Bebek Kurma

Kini, untuk yang ingin mencicip kelezatan hidangan tradisional asli Turki tak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Sebuah tempat di kawasan Kemang menyajikan deretan hidangan tradisional Turki. Meski dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, cita rasa otentik masakan Turki tetap dipertahankan oleh sang juru masak.

Uniknya Kue Kicak, Takjil Khas Kampung Kauman Yogyakarta

Hidangan-hidangan restoran bernama Warung Turki ini merupakan hasil kepiawaian Chef Sezai Zorlu, salah satu dari sedikit juru masak yang ahli dalam bidang kuliner Ottoman Turki. Chef Sezai Zorlu juga merupakan pemilik Turkuaz, sebuah restoran yang menyajikan hidangan otentik Turki Ottoman satu-satunya di Jakarta.

Berkunjung ke Warung Turki serasa memasuki dunia baru. Terdiri dari tiga lantai, tak seperti restoran pada umumnya, lantai satu restoran ini justru digunakan untuk tempat memasak. Konsep open kitchen membuat tamu merasa datang ke rumah sendiri. Sebuah oven besar yang masih menggunakan kayu, terlihat jelas begitu Anda memasuki pintu.

Menu Sedap Buka Puasa, Pindang Tempoyak Khas Palembang

Lengkap dengan eye of devil tergantung di dinding oven. Konon katanya, fungsi eye of devil ini seperti fungsi cermin cembung dalam kepercayaan masyarakat Tionghoa, yaitu sebagai penolak bala.

Suasana di lantai dua dan tiga semakin mempertegas keinginan pemilik restoran untuk membawa hal-hal berbau Turki ke dalam restorannya. Di lantai tiga sendiri, terdapat bar dan lounge dengan sofa dan juga kaca besar yang bisa membuat tamu yang duduk di sana menikmati hiruk pikuk kawasan Kemang dari ketinggian.

Dua pohon palsu juga diletakkan di lantai tiga untuk memperkuat kesan al fresco. Saat malam datang, tempat ini semakin romantis dengan adanya lilin kecil di setiap meja, serta lampu yang dibuat temaram di bagian area bar.

Keberadaan Warung Turki dengan hidangan tradisional otentik Turki ini tak lain karena kecintaan sang juru masak pada ibunda dan juga neneknya. Karena itu, Chef Sezai berusaha sebaik mungkin menjaga keotentikan rasa. Bahkan ia rela menggunakan kayu bakar seperti saat zaman nenek dan ibunya dulu, agar rasa masakan yang dihasilkan tetap spesial seperti aslinya.

"Warung Turki lebih bermakna dalam untuk saya karena ini tempat di mana saya menyajikan makanan yang biasa saya makan dan masak bersama ibu dan nenek saya di kampung halaman," kata Chef Sezai kepada VIVA.co.id baru-baru ini.

Tak perlu bingung menentukan pakaian apa yang harus digunakan saat datang ke sini, karena konsep restoran ini memang ditujukan untuk tempat tamu bersantai, dengan pakaian atau alas kaki apapun, berkumpul dengan orang tercinta.

Salah satu hidangan yang sangat istimewa di sini adalah lamb shank dan kebab. Daging kambingnya sangat empuk dan tak berbau sedikitpun.

Baklava.

Hidangan lain yang wajib dicoba saat datang ke sini adalah Gozleme, roti berbentuk setengah bulan dengan isian khas, atau Kagit Kebabi, kebab daging dengan tomat dan cabai yang dipanggang dalam oven kayu dan disajikan dengan roti.

Untuk dessert, cobalah Baklava yang sangat pas dinikmati bersama secangkir kopi atau teh khas Turki.

Warung Turki
Jalan Kemang Raya no. 18A, Jakarta
Buka: 10.00-24.00 WIB
Harga: Mulai dari Rp50.000-Rp350.000 (main course)
Buffet selama Ramadan: Rp250.000++ (dewasa) dan Rp125.000++ (anak-anak)

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya