Enam Cara Memanfaatkan Air Bekas Rebusan Pasta

Memasak pasta.
Sumber :
  • Pixabay/picjumbo_com

VIVA.co.id – Saat memasak pasta, Anda pasti akan langsung membuang air rebusannya setelah pasta matang. Jangan lakukan hal itu lagi. Karena air rebusan pasta bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Polisi Amankan 5 Orang terkait Kasus Bensin Dioplos Air di SPBU Bekasi

Berikut ini adalah enam cara untuk memanfaatkan air rebusan pasta seperti dilansir dari laman The Sun, Selasa, 13 Juni 2017.

Menyiram tanaman dan bunga

Apakah Berkumur saat Wudhu Tidak Membatalkan Puasa? Ini Penjelasan Para Ulama

Air rebusan pasta mengandung tepung yang kaya akan mineral dan vitamin. Kandungan ini bisa membantu tanaman dan bunga tumbuh. Namun, pastikan Anda menghindari menggunakan air yang sudah diberi garam dan dinginkan dahulu air rebusan sebelum digunakan untuk menyiram.

Membuat saus pesto

Jangan Asal Makan Minum, Ustaz Hilman Fauzi Ungkap Ada 4 Adab dalam Berbuka Puasa

Pasta tidak lepas dari saus dan Anda bisa menggunakan sisa air rebusannya untuk membuat saus pesto. Pastikan air tetap hangat dan bisa menjadi agen pengikat bahan masakan.

Membuat adonan pizza atau roti

Karena air rebusan pasta akan menyerap rasa dan tepung, air ini akan memberikan cita rasa unik pada adonan pizza atau roti Anda. Begitu juga saat membuat kaldu atau sup. Air rebusan ini juga bisa digunakan untuk merebus sayuran.

Mencuci piring

Mungkin Anda berpikir mencuci perabot dapur dengan air rebusan pasta akan membuat barang-barang Anda berminyak. Tapi sebaliknya, air yang mengandung tepung ini akan mengurangi minyak dan bertindak sebagai agen pembersih. Yang perlu Anda lakukan adalah merendam piring terlebih dahulu di dalam air rebusan ini.

Merendam kaki yang pegal

Jika Anda merasakan kaki yang pegal setelah seharian berjalan atau beraktivitas, merendamnya di air rebusan pasta bisa jadi perawatan yang baik. Hangatkan kembali sisa air rebusan dengan suhu yang nyaman buat Anda, lalu rendam kaki. Panas yang dikombinasi dengan mineral di dalamnya akan membantu menenangkan rasa nyeri dan sakit.

Pengganti sampo

Jika rambut Anda kehilangan kilaunya dan terlihat lepek, solusinya adalah dengan merendamnya dengan air rebusan pasta selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan dengan sampo seperti biasa dan Anda bisa mendapatkan kembali kilau cerah rambut Anda. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya