RESEP: Uniknya Sobia, Minuman dari Roti Khas Arab Saudi

Sobia.
Sumber :
  • Pinterest

VIVA.co.id – Selalu ada makanan dan minuman yang selalu hadir di bulan Ramadan. Di Arab Saudi, minuman tradisional bernama sobia adalah salah satu yang jadi primadona.

RESEP: Segarnya Berbuka dengan Es Kepal Nutrisari

Minuman satu ini terbilang unik lantaran terbuat dari roti berwarna cokelat yang diolah bersama barley, rempah-rempah dan gula. Warna sobia sendiri bisa bervariasi, mulai dari putih hingga merah.

Di bulan Ramadan, minuman ini mudah ditemui di pinggir-pinggir jalan Arab Saudi. Biasanya sobia dijual menggunakan plastibagai wadahnya.

RESEP: Buka Puasa Pakai Seblak, Why Not?

Nah, bagi Anda yang penasaran rasanya, tak perlu jauh-jauh ke Arab Saudi, Anda juga bisa membuat minuman ini di rumah. Berikut ini resep lengkapnya, seperti dilansir dari laman Ya Salam Cooking, Selasa, 13 Juni 2017.

Sobia

10 Resep Paling Dicari di Bulan Ramadan, No 1 Enggak Nyangka

Bahan-bahan

-1 buah roti pita dengan gandum utuh
-12 cangkir air
-1 hingga 1/2 cangkir gula pasir
-1 sdt kayu manis bubuk
-1/2 sdm kapulaga bubuk
-1 sdm oatmeal

Cara membuat

1. Potong roti kecil-kecil. Sisihkan. Di dalam mangkuk besar, tuangkan 6 cangkir air, oatmeal, 3/4 cangkir gula pasir dan roti. Diamkan semalaman penuh.

2. Peras roti dengan tangan dan saring sebanyak 2 kali menggunakan alat penyaring. Masukkan kapulaga dan kayu manis, lalu saring kembali.

3. Tambahkan sisa air dan gula. Aduk rata hingga gula larut. Simpan di dalam lemari es.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya