RESEP: Kelezatan Mugasgas, Kue Bantal Versi Timur Tengah

Mugasgas.
Sumber :
  • yasalamcooking.com

VIVA.co.id – Di Indonesia ada kue bantal, di Timur Tengah ada mugasgas. Roti goreng ini merupakan dessert khas Oman selatan. Sebenarnya bentuknya tidak persegi panjang seperti kue bantal, melainkan berbentuk segitiga.

Cuma Butuh 5 Bahan, Resep Sagu Keju yang Gurih Cocok Buat Kue Lebaran

Adonannya pun agak berbeda, yakni ditambah kapulaga. Setelah digoreng, mugasgas bisa disajikan bersama madu, taburan kacang pistachio atau gula bubul.

Ingin coba membuatnya di rumah? Simak resep lengkapnya seperti dilansir dari Ya Salam Cooking, Selasa, 13 Juni 2017 berikut ini.

Kejagung Kembali Jerat 1 Tersangka Korupsi Impor Gula, Direktur SMIP Ditahan

Mugasgas

Bahan-bahan

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

-1/2 sdt ragi instan
-1/2 sdt gula pasir
-2 sdm air hangat
-18 sdm tepung terigu
-2 1/2 sdt gula halus
-1/2 sdt baking powder
-1/2 sdt kapulaga bubuk
-Sejumput garam
-2 sdm susu
-1/4 cangkir air hangat
-Minyak sayur untuk menggoreng

Cara membuat

1. Di dalam mangkuk kecil, masukkan ragi instan, gula pasir dan air hangat. Aduk dan diamkan selama 10 menit hingga berbusa.

2. Di dalam mangkuk berukuran besar, masukkan tepung terigu, gula halus, baking powder, kapulaga dan garam. Aduk rata lalu masukkan susu serta campuran ragi dan gula tadi. Aduk kembali hingga rata.

3. Tuangkan air sedikit demi sedikit hingga konsistensi adonan menjadi tidak lengket. Uleni adonan dan bentuk bola. Letakkan di dalam mangkuk dan tutupi menggunakan plastik. Diamkan di dalam ruangan hangat selama 1 jam hingga mengembang.

4. Setelah adonan mengembang, bagi dua adonan dan gilas menggunakan rolling pin hingga berbentuk bulat. bagi empat dan diamkan di dalam wadah. Bentuk sisa adonan.

5. Panaskan minyak sayur di dalam wajan dan goreng roti hingga matang dan berubah warna menjadi cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya