RESEP: Moussaka, Hidangan Panggang Tradisional Mesir

Moussaka.
Sumber :
  • yasalamcooking.com

VIVA.co.id – Jangan pikir caserole atau hidangan panggang hanya ada di Eropa. Di Mesir pun ada hidangan panggang lezat yang mirip sekali dengan caserole Italia. Namanya moussaka.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Seperti di Italia, terkadang hidangan tradisional Mesir ini diberi tambahan saus Bechamel. Namun, bahan utama yang wajib digunakan ialah pasta tomat atau tomat yang telah dihaluskan.

Anda juga bisa menggunakan daging kambing atau sapi. Namun, jangan lupa untuk membuang lemaknya terlebih dahulu.

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Jika tergoda untuk buka puasa atau sahur dengan menyantap moussaka, simak resepnya berikut ini, seperti dilansir dari laman Ya Salam Cooking, Kamis, 15 Juni 2017.

Moussaka

Daftar Harga Pangan 19 April 2024: Bawang hingga Telur Naik

Bahan-bahan

-2 buah terung, iris agak tebal
-Minyak zaitun secukupnya
-500 gram daging kambing giling
-1 sdt ketumbar bubu
-1 buah bawang bombai, cacah halus
-2 siung bawang putih, caacah halus
-5 tomat (2 potong dadu dan sisanya diiris tipis
-3 sdm pasta tomat

Cara membuat

1. Panaskan oven hingga 200 derajat Celsius. Tempatkan potongan terung di atas pinggan anti panas dan oleskan minyak zaitun secara merata. Panggang selama 10 menit dan balik masing-masing potongan terung. Panggang kembali selama 10 menit.

2. Panaskan penggorengan di atas api sedang dan masukkan 2 sdm minyak zaitun, bawang bombai dan bawang putih. Aduk rata dan masukkan daging kambing. Masak hingga berubah warna kecoklatan.

3. Masukkan tomat yang telah dipotong dadu, pasta tomat dan 1/4 cangkir air. Aduk rata. Masukkan ketumbar, garam dan lada. Kecilkan api dan masak terus selama 15 menit.

4. Panaskan oven hingga 176 derajat Celsius. Sementara itu, ambil wadah caserole dan masukkan sedikit saus daging dan ratakan di bagian bawah wadah. Susun bahan-bahan menjadi beberapa lapisan, dimulai dari terung, tomato dan daging.

5. Tutup bagian atasnya dengan aluminium foil dan panggang selama 15 menit. Ambil aluminium foil-nya dan panggang kembali selama 10 menit.

*Untuk 4-6 porsi

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya