Cara Menyimpan dan Menghangatkan Ayam Betutu

Ayam betutu.
Sumber :

VIVA.co.id – Barangkali Anda sudah tidak asing dengan kuliner khas Pulau Dewata, ayam betutu. Ayam ini memiliki cita rasa gurih dan kaya rempah.

Resep Ayam Betutu Kuah, Cocok untuk Hidangan Keluarga

Biasanya ayam betutu dimasak dalam porsi besar, 1 ekor ayam atau bahkan lebih sehingga bukan tidak mungkin masakan ini tersisa beberapa bagian lagi. 

Lalu bagaimana menyiasatinya agar tidak basi dan bisa dikonsumsi esok hari? Iien Soegi, warga asli Bali yang bergabung dalam komunitas pengguna Cookpad, mengatakan bahwa sisa ayam betutu hanya perlu di simpan di dalam kulkas (bukan freezer). Hanya saja, pastikan ayam tidak disimpan dalam keadaan basah.

Resep Ayam Betutu Kuah Khas Bali, Dijamin Enak dan Bikin Nagih

"Jarang pasti ya yang makan ada sisanya, tapi kalau mau simpan di kulkas saja bisa sampai besok," kata Iien saat ditemui seusai demo masak bersama Cookpad di Sekolah Luar Biasa (SLB) Sinta Rama, Jakarta.

Jika ingin menghangatkan kembali ayam betutu, Anda cukup letakkan ayam di atas wajan lalu siram dengan air. Selain untuk menghangatkan, air dapat mencegah ayam menjadi terlalu asin saat dimakan.

Ayam Betutu, Kuliner Legendaris Bali yang Mendunia

"Masukkan wajan lalu beri segelas air biar enggak terlalu asin. Biarkan sampai mendidih lalu angkat," kata dia.

Iien menambahkan bahwa ayam betutu bisa disimpan hingga satu minggu di dalam freezer. Namun, kembali lagi, pastikan ayam disimpan dalam keadaan kering agar tidak cepat basi.

Sate susu di Bali.

Sate Susu, Kuliner Paling Viral saat Ramadhan di Bali

 Sate susu menjadi menu yang selalu muncul saat bulan Ramadhan di Bali, khususnya Kampung Muslim Wanasari Denpasar.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2022