Tips Merias Wajah untuk Kulit Berminyak

Ilustrasi merias wajah
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Wajah wanita ibarat kanvas yang bisa dibubuhi berbagai warna warni kosmetik. Hanya saja wanita perlu mengetahui kekurangan dan kelebihan wajah, jenis kulit hingga warna kulit untuk dapat memperoleh hasil rias maksimal.

Anak Ferdy Sambo Trisha Eungelica Jago Dandan, Intip 3 Inspirasi Riasan Mata Ala Gen Z

Make-up artist ternama dari Moor's Professional Make Up berbagi sejumlah tips dalam merias wajah. Misal untuk kulit wajah berminyak, make-up artist profesional Arnold Pujopamungkas menyarankan menggunakan foundation setipis mungkin.

Untuk anak muda bisa memilih foundation cair atau padat. Tapi untuk usia 40 tahun ke atas, disarankan untuk menghindari foundation padat, karena akan sulit untuk menempel.

Polisi Bubarkan Acara ‎Emak-emak Lomba Merias di Deli Serdang

Sementara jika riasan ingin tahan lama, kompres wajah dengan es batu setelah mencuci muka dan sebelum memakai make-up. "Ini akan menutup pori-pori, jadi tidak membuat pori-pori terbuka. Es batu itu mengurangi minyak. Kompres sekitar tiga menit," ujar Arnold yang menerapkan tips ini untuk rias pengantin.

Sementara bagi kulit keriput, saran dia, gunakan foundation cair dan aplikasikan tipis-tipis di wajah. Sebab, semakin tebal foundation yang diaplikasikan justru akan membuat garis keriput semakin jelas.

Trik Mengaplikasikan Eyeshadow ala Selebgram Rachel Goddard

"Pakainya tipis jangan tebal. Karena kalau semakin tebal, semakin kelihatan (keriput). Biasanya tunggu  foundation sampai kering," kata Ade, make-up artist profesional.

Sedangkan untuk shading biasanya tidak diperlukan karena pipi biasanya sudah kempot. Menurut dia, bisa memakai blush on, tapi pilih warna oranye kecokelatan atau merah muda lembut.

Sedangkan bagi pemilik mata sipit, dianjurkan untuk menghindari warna mengkilat dan cerah, karena akan membuat mata semakin sipit. Warna gelap menjadi pilihan tepat, sehingga mata jadi lebih lebar.

Untuk merias mata dengan tampilan glamor, bisa menggunakan berbagai macam warna eyeshadow. Namun, untuk acara kelulusan sebaiknya pilih warna cokelat, merah muda lembut, merah bata. Warna ini cocok diterapkan untuk pagi hari.

Dan untuk membuatnya tetap segar, lakukan touch up. Sebab rias wajah normalnya hanya bertahan tujuh jam, setelah itu muka tidak lagi segar. (ms)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya