Monitoring Dini Pertumbuhan, Optimalkan Fungsi Motorik Anak

Ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak orangtua yang menganggap bahwa tumbuh kembang anak hanya dilihat dari tubuhnya yang semakin besar. Padahal, perkembangan yang paling penting, berada pada kemampuannya dalam meningkatkan fungsi-fungsi tubuhnya.

Pakar Gizi Paparkan Pentingnya Zat Besi untuk Pertumbuhan Fisik dan Kognitif Anak

Seringkali, orangtua menggunakan usia anak sebagai patokan tumbuh kembang anak. Namun, para orangtua sebaiknya mampu merangsang kemampuan fungsi tubuh si kecil sejak dini.

"Lakukan monitor tumbuh kembang anak sejak dini. Lihat empat hal pada perkembangannya yaitu motorik kasar, halus, bahasa dan kemandirian anak," ujar education spesialist UNICEF, Widodo Suhartoyo, ditemui di Kantor Groupon Indonesia, Jakarta, Jumat 24 Februari 2017.

Mana yang Lebih Baik Antara Susu UHT dan Susu Formula untuk Anak? Begini Kata Pakar Gizi

Widodo menyarankan agar para orangtua dapat memahami empat perkembangan tersebut pada diri anak. Dengan demikian, jika terjadi gangguan, dapat dideteksi sejak dini.

"Monitor tumbuh kembang anak dapat mengoptimalkan fungsi tubuhnya. Tapi, manfaat lain adalah dapat mendeteksi kelainan tumbuh kembang anak secara reguler, sehingga dapat ditangani dengan cepat," ujarnya.

Pakar Gizi Klinik Sebut Anemia Defisiensi Besi Bisa Sebabkan Masalah Serius pada Anak

Kemudian, Widodo turut mengingatkan, agar orangtua peka terhadap perubahan tingkah laku pada anak. Dikhawatirkan, terjadi gangguan pada si kecil saat kesehariannya berbeda seperti biasanya.

"Ada kemungkinan gangguan pada anak saat kesehariannya berubah dari aktivitas normalnya. Orangtua harus jeli dalam melihat hal ini," kata dia. (ren)

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.

Banyak Anak ke Sekolah Tak Sarapan, Ahli Gizi: Padahal Bisa Dukung Prestasi Akademik

Sarapan dengan gizi seimbang menjadi langkah awal yang sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Sayangnya, kegiatan sarapan belum menjadi kebiasaan rutin.

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024