Trik Laura Basuki Agar Anak Doyan Makan

Laura Basuki dan keluarga
Sumber :
  • instagram Laura Basuki

VIVA.co.id – Waktu makan anak bisa menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orangtua jika tidak tahu bagaimana cara yang tepat dalam melakukannya. Seperti yang dialami aktris cantik Laura Basuki.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Ibu satu anak ini punya cara tersendiri dalam menanamkan kebiasaan makan yang baik pada putranya, Owen Sanjaya. Sejak awal Owen sudah mulai MPASI atau makanan pendamping ASI, Laura sudah membiasakannya makan di kursi khusus untuk bayi.

"Televisi dimatikan supaya konsentrasinya tidak pecah. Kita juga biasakan makan bersama orangtua biar dia melihat kita juga makan sehingga dia juga ingin makan," kata Laura di sebuah acara di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu 24 Mei 2017.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Sekarang, Owen yang sudah berusia 1,4 tahun sudah mulai belajar makan sendiri menggunakan alat makan. Setiap kali makan, Laura selalu menyiapkan dua buah sendok yang bisa digunakan putranya dan dirinya untuk menyuapi.

Membangun kebiasaan baik ini memang tidak bisa instan. Kunci aktris 29 tahun ini adalah jangan memaksa anak saat anak tidak mau makan. Hal ini juga dilakukannya ketika mengenalkan jenis makanan baru.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

"Memang butuh hingga 15 kali percobaan baru dia mau terima makanan baru. Tapi, anak pasti satu waktu akan merasa lapar jadi sabar-sabar saja. Kalau dia tidak mau, tunggu satu jam lagi baru berikan, berikannya juga dalam porsi kecil," ujarnya.

Yang terpenting, lanjut Laura, jangan memaksa anak terutama ketika anak dalam kondisi teething atau tidak enak badan. Sehingga anak pun tidak merasa trauma pada waktu makan.

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024