FOTO: Wisata Safari Baluran, Afrika Mini di Jawa Timur

Baluran
Sumber :
  • U-Report

VIVAlife - Mengendarai mobil terbuka sambil mengintai pergerakan binatang-binatang liar di hutan, bukan hanya sekadar adegan di film-film yang mengambil latar belakang Afrika. Anda juga bisa melakukan wisata safari seperti ini di daerah Jawa Timur. Tepatnya di Taman Nasional Baluran, yang terletak di Banyuputih, Situbondo. 

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Taman Nasional Baluran

Baluran

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Hampir seluruh bagian taman ini terdiri dari lahan hutan terbuka yang menjanjikan kesejukan. Hutan mangrove, hutan pantai, hutan rawa, dan hutan pegunungan bawah yang selalu hijau sepanjang tahun. Sebagaian arealnya juga termasuk padang savana luas, dengan rumput tebal. Sesuai musim, rumput-rumput ini akan berganti warna dari hijau ke kuning, saat kemarau panjang. 

Di savana ini Anda dapat menyaksikan dari dekat sekumpulan rusa, banteng, dan burung merak  dengan segala aktivitasnya. Makan, bercengkerama, atau mungkin juga mereka sedang berjemur, atau sekadar berlari-lari. Pemandangan ini akan lebih klimaks pada malam hari dengan temaram bulan dan suara-suara obrolan binatang-binatang yang menghuni. 

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Taman Nasional Baluran

Menuju ke dalam hutan, Anda disarankan menggunakan mobil jenis jeep untuk mendapatkan kesan safari yang khas. Ruas jalan menuju hutan sebenarnya sudah tertata, hanya saja pada beberapa bagian masih ada yang berbatu. Jika tidak membawa kendaraan, Anda juga bisa menyewa mobil atau motor yang tersedia di kawasan alternatif wisata alam ini.  

Tidak hanya pemandanga satwa, pepohonan, dan padang rumput, Anda juga pasti tidak akan bosan mengelsplorasi taman ini. Di pinggiran savana, ada juga areal pantai dan laut yang menggiurkan. Pantai Bama. Kegiatan yang biasa dilakukan, sudah pasti snorkeling untuk mendekatkan mata dengan keindahan bawah airnya. Atau, bagi mereka yang tidak terlalu suka olahraga air Anda tetap dapat menikmati pernak-pernik laut dari atas kano yang akan membawa Anda berkeliling. 

Taman Nasional Baluran

Masih penasaran dan merasa kurang tertantang dengan pengalaman ini? Anda juga bisa melanjutkan pertualangan yang lebih greget dengan menyelinap ke hutan bakau. Sekumpulan kera dan monyet akan siap menemani. Aktivitas lain yang juga menguji ketahanan adalah tracking. Hanya saja, demi keamanan, kegiatan ini diadakan pada musim kemarau saja. Yakni di bulan April hingga sekitar Oktober. Bagi yang senang bersepeda, silahkan membawa serta sepeda Anda, jika sudah bosan berkendara dengan mobil. 

Mungkin tidak cukup jika Anda hanya singgah satu hari untuk menikmati setiap detail keindahannya. Jika ingin bermalam di kawasan taman, Anda bisa mendirikan kemah ditempat yang telah ditentukan pengelola. Atau, menyewa penginapan yang juga sudah banyak tersebar disini. 

Keindahan selengkapnya lihat melalui

(eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya