Bersiap Menikmati Eksotika Danau Sentani

Danau Sentani
Sumber :
  • www.cloud.papua.go.id
VIVAlife - Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki begitu banyak pulau dengan daya tariknya masing-masing. Sayang, masih banyak yang belum terekspos sehingga kurang dilirik wisatawan.
Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

"Salah satu tempat yang belum banyak diketahui orang yakni tanah Papua. Seperti pulau-pulau di Indonesia lainnya, Papua juga yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Untuk memperkenalkan Papua, banyak digelar festival tahunan di beberapa daerah seperti Festival Danau Sentani," ujar Hafid Hadeli, Chief Marketing Officer - 4 Wheeler PT. Adira Dinamika Multi Finance Tbk pada konferensi pers Lomba Tulis dan Foto tanah Papua.
Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Festival ini diselenggarakan sejak tahun 2007 di setiap pertengahan Juli setiap tahunnya. Agenda pokok yang selalu dihadirkan adalah pagelaran budaya, pameran barang seni papua, dan tur wisata.
Momen Bersejarah, Al Quran Berbahasa Gayo Hadir Memperkuat Identitas dan Budaya Aceh

Pesta budaya yang diadakan tepat di bibir Danau Sentani ini menampilkan tarian-tarian perang khas papua. Mereka membawakannya di atas perahu. Selain tarian, ada juga upacara adat dan sajian kuliner Papua.

Festival ini dilanjutkan dengan karnaval dari seluruh paguyuban di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Masing-masing menampilkan budaya tradisional, tari-tarian tradisional yang diiringi lagu daerah.

Para wisatawan yang datang ke festival ini juga diajak menikmati panorama Danau Sentani seluas 110 meter persegi dengan 21 pulau kecil yang tersebar. Juga mengunjungi kampung wisata Tablanusu serta tempat wisata lainnya. 

Menurut sejarah, pertama kali nama Sentani disebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin ketika melaksanakan tugas pekabaran Injil di wilayah danau tersebut. Tahun 1898. Sentani berarti tempat tinggal yang damai.


Dapatkan tiket penerbangan dan penginapan murah di seluruh Indonesia melalui gonla.com 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya