FOTO: Seribu Pesona Ratu Boko

Candi Ratu Boko.
Sumber :
  • ratuboko.com

VIVAlife - Sisa peninggalan Kerajaan Mataram lama dari abad ke-8 masih bisa ditemukan tak jauh dari Komplek Candi Prambanan. Salah satunya adalah situs Ratu Boko yang merupakan istana tua kerajaan Mataram lama.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta

Situs Ratu Boko terletak 2 kilometer sebelah selatan Candi Prambanan atau 18 kilometer dari arah timur Kota Yogyakarta. Situs ini juga berada di atas bukit yang merupakan terusan Pegunungan Seribu.

Menurut sejarah Kerajaan Mataram lama, Ratu Boko telah digunakan sejak zaman kepemimpinan Rakai Panangkaran dari Dinasti Sailendra. Pada mulanya, bangunan di sekitar situs peninggalan Ratu Boko disebut dengan Abhayagiri Wihara.

Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya

Abhaya berarti tidak ada bahaya dan giri berarti bukit, serta Wihara yang berarti asrama. Dengan demikian, Abhayagiri Wihara berarti asrama para Bhiksu yang terletak di atas bukit penuh kedamaian.

Situs Ratu Boko pertama kali dilaporkan Van Boeckholzt pada tahun 1790. Ia menyatakan terdapat reruntuhan kepurbakalaan di atas bukit Ratu Boko.  Seratus tahun kemudian, dilakukan penelitian yang dipimpin FDK Bosch. Penelitian tersebut diberi judul Keraton van Ratoe Boko. Dari sinilah disimpulkan bahwa reruntuhan itu merupakan sisa-sisa keraton.

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Jika ingin menikmati kawasan ini, Anda bisa masuk melalui gerbang utama. Gerbang utama ini terbuat dari andesit. Tetapi lantai dan dinding tangga terbuat dari batu kapur putih yang lembut. Terdapat dua gapura pada pintu masuk gerbang utama. Gapura pertama terdapat 3 Pintu dan Gapura kedua terdapat 5 pintu.

Di sekitar 45 meter dari gapura kedua Anda dapat melihat bangunan candi berbahan dasar batu putih, yang disebut sebagai Candi Batu Putih. Di sisi lainnya terdapat Candi Pembakaran yang berbentuk bujur sangkar dan memiliki dua teras. Candi ini digunakan untuk acara pembakaran jenazah.

Anda bisa menikmati panorama yang sangat indah di sekitar bukit jika berkunjung ke Ratu Boko pada sore hari. Anda bisa menikmati matahari terbenam ditemani pemandangan Candi Prambanan, Gunung Merapi-Merbabu, Gunung Sumbing-Sindoro, serta perbukitan seribu.

Lihat foto-fotonya di . (eh)

Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024