Menyelam Bersama Ubur-Ubur di Danau Kakaban

Ubur ubur danau kakaban
Sumber :
  • indonesia.travel
VIVAlife
Pria 47 Tahun Ditemukan Tewas Bawa Bungkusan Pakaian Bekas di Trotoar Margonda
- Ubur-ubur hanyut mengikuti arus laut. Tubuhnya yang transparan diombang-ambing gelombang. Tidak semua ubur-ubur berbahaya. Di dunia, ada sejumlah danau yang menyimpan ubur-ubur tanpa racun, yaitu Danau il Malk di Palau dan satu lagi, Danau Kakaban, di Indonesia.

Hasil Liga 1: Bali United dan Dewa United Petik Poin Sempurna

Bagi Anda penggemar menyelam maupun
Masa Penahanan Harvey Moeis Diperpanjang, Kejagung Ungkap Alasannya
snorkeling , Danau Kakaban adalah surga menarik untuk dikunjungi. Letaknya di Pulau Kakaban, sebuah pulau kecil di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur.


Pulau Kakaban memiliki luas wilayah 774,2 hektar, mengitari sebuah danau yang terperangkap di dalamnya, yaitu Danau Kakaban. Danau terbentuk dari sebuah pulau karang yang disebut atol, prosesnya terjadi jutaan tahun yang lalu. Danau memantulkan warna biru kehijauan dan masih sangat jernih. Sekelilingnya ditumbuhi rimbunan pohon bakau.


Danau ini begitu unik, letaknya terisolasi, namun terdapat hewan endemik di dalamnya. Perairan seluas 2,6 x 1,5 kilometer menghidupi jutaan ubur-ubur dan algae yang terhampar di dasar danau.


Bukan hanya pengalaman berenang dengan ikan, wisatawan dapat bermain sepuasnya dengan ubur-ubur tanpa racun. Tidak ada predator ubur-ubur di sini, sehingga kemampuan menyengat mereka hilang secara alamiah.


Ada empat jenis ubur-ubur yang bisa kita jumpai, yakni Ubur-Ubur Bulan (Aurelia aurita), Ubur-Ubur Totol (Mastigias papua), Ubur-Ubur Kotak (Tripedalia cystophora), dan Ubur-Ubur Terbalik (Cassiopea ornata). Ubur-Ubur Bulan merupakan jenis yang terbesar, ukuran tubuhnya mencapai 40 cm.


Singgah di Kepulauan Derawan, wajib mengunjungi Danau Kakaban. Datanglah ke sini sehabis menikmati matahari terbit. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya