Jembatan Unik di Belanda, Dibangun di Atas Danau

Veluemeer
Sumber :
  • Amusing Planet
VIVA.co.id
Wow, Sepuluh Bangunan Menakjubkan Ini Ternyata Nyata
- Umumnya jambatan adalah jalan yang dibuat di atas sungai yang berfungsi sebagai penghubung dari suatu daerah ke daerah lainnya untuk menuju suatu tempat.

Penampakan Bangunan-bangunan Unik di Asia

Belanda merupakan negara yang super sibuk sehingga pada akhirnya, banyak akses jalan dibangun, termasuk jembatan penghubung.
Arsitektur Islami Ini Jadi Nominasi Bangunan Terbaik Dunia


Namun, di negera ini, jembatan dibangun dengan disain yang unik. Salah satu jembatan yang terlihat unik adalah jembatan Veluwemeer.


Di Belanda sendiri, sekitar 55 persen wilayahnya lebih rendah dari permukaan air laut. Lalu pemerintah menjadi bingung dalam mengatur jalur transportasi darat dan air. Maka munculah inovasi ini. Inovasi ini memungkinkan transportasi darat dan air berjalan beriringan maka dibuatlah jembatan Veluwemeer.


Jembatan air ini disebut juga navigasi saluran air yang merupakan struktur jembatan saluran air menakjubkan yang dapat dilalui. Dibangun di atas sungai, lembah, jalur kereta api atau jalan, jembatan ini memang dinilai unik. Bahkan didisain membentuk sebuah terowongan yang diatasnya dijadikan sebagai tempat aliran air.


Veluwemeer sebuah saluran air di jalan N302, dekat kota kecil Harderwijk di Belanda Timur. Kota ini terletak di bawah bagian kecil dari danau Veluwemeer dan pada saat yang sama menghubungkan daratan Belanda ke Flevoland.


Veluwemeer memiliki panjang sekitar 25 meter atau sekitar 80 kaki dengan lebar 19 meter dan di bawahnya setiap hari dilewati sekitar 28.000 kendaraan. Saluran air dibuka untuk lalu lintas pada tahun 2002. Jalan setapak yang dibangun di kedua sisi saluran air sering menjadi tempat yang pas untuk melihat pemandangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya