Tingkatkan Jumlah Wisatawan, Solo Gelar Event Wisata Belanja

Solo Great Sale 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id/Al Amin

VIVA.co.id – Solo merupakan salah satu kota di Tanah Air dengan pertumbuhan wisata yang cukup baik. Nah, kali ini kota di Jawa Tengah itu menggelar event tahunan secara besar-besaran, yaitu Solo Great Sale dan Kalender Event Solo 2017. 

Menko Muhadjir Dukung Gibran Robohkan Rusun yang Dibangun Jokowi

Kali ini, gelaran tersebut mengangkat tema ‘Ceria Bersama Pesona Belanja Budaya’. Event yang nantinya akan menjadi surga bagi para penggemar wisata belanja ini akan berlangsung selama sebulan penuh, 1-28 Februari 2017.

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengatakan, Solo Great Sale merupakan upaya untuk menggerakan perekonomian masyarakat dan dunia usaha, termasuk akomodasi, transportasi, agen travel, hingga sentra-sentra industri.

Tolak Jenazah Istri Dimakamkan Prokes COVID-19, Suami Ancam Nakes

“Ini komitmen Pemkot Surakarta dan KADIN Kota Surakarta dalam memperkuat branding dan mendorong iklim bisnis dan investasi yang kondusif bagi pelaku usaha di Surakarta,” kata  FX Hadi Rudyatmo di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Senin, 16 Januari 2017.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya sendiri mengatakan, belanja dan kuliner merupakan 45 persen dari portofolio sektor budaya dalam pariwisata

Gibran Izinkan Mudik Lokal: Solo Itu Kecil Banget Kok!

“Pariwisata itu 60 persen culture, 35 persen nature, 5 persen manmade. Dari 60 persen yang culture itu, 45 persennya diborong oleh shopping and culinary. Karena itu, Solo Great Sale 2017 ini menjadi sangat strategis,” kata Arief.

Tahun ini, konsep pasar tradisional dipilih untuk Solo Great Sale 2017. Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kota Surakarta, Subagyo, ada sekitar 200 tenant warga Solo yang diikutsertakan.

“Itu kita benahi, kita tata, kemudian kita tampilkan dari sisi kualitasnya, kemudian pelayannya, dan dari sisi harganya. Yang terpenting dari sisi kepastiannya, jadi kepercayaan kepada pasar tradisional akan kita tumbuhkan lagi. Di situ ada proses tawar-menawar tapi kualitas dan harga bisa diperoleh dengan sebanding,” ujar Subagyo.

Selama digelar sebulan penuh, Solo Great Sale 2017 diproyeksikan menghasilkan transaksi sebesar Rp200 miliar, atau naik dari capaian tahun lalu, Rp125 miliar. Kunjungan wisatawan selama acara berlangsung ditargetkan sebanyak 250 ribu orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya