Kunjungan Wisman Bisa Dipantau Lewat Data Roaming

Ilustrasi bandara.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kunjungan wisatawan mancanegara, atau wisman, kini bisa di ketahui melalui telepon seluler yang dimiliki oleh turis asing.

Polisi Tunggu Hasil Tes Kejiwaan Bule Amerika Pelaku Penyekapan Balita di Bali

Kini, Badan Pusat Statistik (BPS) menemukan rumus baru untuk mengetahui jumlah wisatawan mancanegara yang beredar di Indonesia, melalui data roaming seluler yang di gunakan turis.

Program tersebut sudah diberlakukan sejak bulan Oktober 2016. Prasyarat utama dari penghitungan ini adalah wisman harus tetap menggunakan nomor seluler asal negaranya, ketika memasuki wilayah Indonesia.

Pungutan Wisatawan Asing Baru 40 Persen, Pemprov Bali akan Sidak di Objek Wisata

BPS mencatat pada Oktober 2016, jumlah wisman yang terdeteksi melalui roaming selular di 19 kabupaten tersebut sebanyak 68.112 dan meningkat menjadi 71.169 pada November 2016.

"Desember 2016, diproyeksikan naik lagi jumlahnya," ujar Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo dalam siaran persnya, Rabu1 Februari 2017.

Sandiaga Uno Berharap Wisatawan Mancanegara Berkunjung ke Festival Arakan Sahur di Jambi

Kabupaten perbatasan tersebut, di antaranya Kepulauan Anambas, Rokan Hilir, Pelalauan, Kepulauan Sangihe, Lingga dan Mahakam Ulu. BPS memperoleh data roaming tersebut bekerja sama dengan operator Telkomsel yang menguasai 92 persen pangsa pasar di perbatasan.

"Ke depan, kerja sama ini akan diperluas dengan semua operator seluler lainnya. Untuk itu, kita akan membuat kesepakatan antara BPS, Kementerian Pariwisata, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika, terkait pengoptimalan pemanfaatan big data roaming seluler ini," tuturnya.

Dalam kurun 2015-2018 BPS akan manfaatkan teknologi informasi di semua aspek kegiatan statistik yang memungkinkan peningkatan kualitas data statistik. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya