Sumatera Utara Siapkan 3 Desa Wisata di Kawasan Danau Toba

Wisata Danau Toba.
Sumber :
  • al amin/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Sumatera Utara tengah mempersiapkan tiga desa yang akan dijadikan desa wisata berkelas dunia. Salah satunya merupakan desa adat di Batak di Bona Pasogit yang berada di kawasan Danau Toba. Hal tersebut dilakukan demi mempersiapkan danau Toba sebagai '10 Bali Baru'.

Ekonomi Digital di ASEAN Meningkat, HSBC Luncurkan Growth Fund Rp15,8 Triliun

"Kebetulan, lokasi yang dipilih sudah sangat pas. Desa adatnya ada di sekitaran Danau Toba yang sudah mendunia. Inilah kawasan yang sedang dipersiapkan menjadi world class tourism destination,” kata Ketua Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba Aries Prasetyo di Jakarta, Kamis, 16 Februari 2017.

Menurut Aries, dengan adanya destinasi wisata baru berupa desa wisata di kawasan danau Toba akan menambah daya tarik objek pariwisata di daerah tersebut.

Homestay di 21 Desa Wisata Sudah Disuntik SMF Rp 13,5 Miliar

“Ditambah dengan pesona desa adat, Danau Toba akan makin kuat lagi,” ujarnya.

Langkah ini selaras dengan rencana pembangunan 100.000 homestay. Alasannya karena desain arsitektur rumah adat di sana sudah sangat pas untuk diimplementasikan ke dalam desa wisata.

Arus Mudik Lebaran 2024, Dishub Sumut Catat 92 Titik Potensial Gangguan Lalulintas

“Ini bisa jadi bagian dari atraksi desa wisata. Nuansa budayanya ada dan hal ini belum tentu belum tentu bisa ditemukan di tempat lain,” tambahnya. (ms)

Desa Ibru Muaro Jambi

Intip Cerita Desa Ibru Muaro Jambi, Pemenang Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Desa BRILiaN merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa yang diinisiasi BRI sebagai bentuk agent of development.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024