Mengenal Marimo Matsuri yang Langka di Danau Akanko

Festival Marimo Matsuri
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Ini saatnya Anda memulai liburan dengan turut memperhatikan, sekaligus mempelajari alam. Salah satunya melestarikan sekelompok organisme autotrof (ganggang) berjenis marimo yang langka di Danau Akanko, Hokkaido, Jepang.

Kenapa Tiket ke Jepang Lebih Mahal Belakangan Ini?

Untuk diketahui, ganggang marimo tumbuh dalam air tawar dan berkumpul dalam jumlah besar untuk membentuk badan bola hijau. Dibutuhkan lebih dari 100 tahun untuk ganggang ini hingga tumbuh berdiameter 10 sentimeter (cm).

Namun, ganggang marimo di Danau Akanko adalah yang terbesar di dunia. Tumbuh dengan diameter 30 cm, dan dirancang sebagai Monumen Alam Spesial.

Jerome Polin Bagikan Tips Traveling Anti-Mainstream ke Jepang Tanpa Khawatir Dompet Kering

Dilansir dari situs Japan National Tourism Organization, museum yang menampilkan ganggang marimo ini telah berkembang menjadi acara besar di Hokkaido Timur. Festival tersebut diadakan untuk pertama kalinya pada 1950 dan berlangsung selama tiga hari di awal Oktober.

Pada hari pertama festival tersebut diadakan sebuah ceramah tentang pertumbuhan marimo dan kunjungan lapangan ke habitatnya. Hari kedua menampilkan parade tari marimo, kuil portabel marimo, dan upacara untuk menerima marimo, bersamaan dengan upacara untuk melestarikan marimo sesuai dengan tradisi Ainu kuno.

6 Tips Liburan ke Jepang Anti Boncos Pasca Pandemi COVID-19

Setelah menerima marimo, upacara syukur dipersembahkan kepada para dewa alam semesta atas berkah sepanjang tahun lalu. Festival ditutup dengan upacara pengembalian marimo ke danau. Marimo dibawa ke sebuah kano yang ditemani kepala orang Ainu yang sudah tua dan kembali ke dasar danau.

Pada malam hari, Anda bisa menyaksikan Prosesi Pine Torch dan pertunjukan kembang api. Anda juga bisa menikmati segala macam atraksi dengan alasan di tepi danau, seperti kompetisi permainan dan bazar.

Ilustrasi liburan private tour ke Jepang

Private Tour Anti Ribet, Pilihan Ideal Trip Ke Jepang

Di private tour ini, konsumen bisa request untuk menyusun jadwal, destinasi, dan aktivitas sesuai dengan keinginan.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2024