Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 16 Mei 2017 | 11:28 WIB
  • Enam Pantai Menakjubkan di Flores

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Raudhatul Zannah
Enam Pantai Menakjubkan di Flores
Photo :
  • Istimewa
Pantai Ria Ende

VIVA.co.id – Ende sebagai daerah tujuan wisata Indonesia memiliki banyak destinasi yang menarik. Seperti objek wisata alam, budaya, sejarah, dan minat khusus yang tersebar merata hampir di semua wilayah kecamatan.

Ende sendiri merupakan sebuah kabupaten di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Wilayah ini termasuk Gunung Iya, yang juga dalam deretan jalur gunung berapi, yang memiliki ketinggian 637 meter di bawah permukaan laut.

Wilayah Ende tak luput dari beragam keindahan alam, budaya, sejarah, dan minat khususnya yang patut untuk dilihat masyarakat luas. Khususnya untuk masyarakat Indonesia.

Berbagai tempat wisata menarik tentunya terdapat di setiap wilayah di Indonesia, termasuk di Ende ini. Salah satunya dan yang selalu menjadi favorit para pelancong adalah wisata alamnya.

Sedikitnya, ada enam wisata alam berupa pantai, di Kabupaten Ende, Flores Nusa Tenggara Timur, yang dapat dirangkum VIVA.co.id.

Pantai Penggajawa

Pantai ini terletak kira-kira 29 kilometer (km) arah barat kota Ende. Terdapat hamparan batu berwarna dengan dominan warna biru, hijau, dan coklat di sepanjang pesisir pantai Penggajawa.

Keadaan laut di pantai tersebut memiliki air laut yang jernih dan membiru, sehingga merangsang keinginan untuk melakukan berbagai aktivitas laut seperti merasakan berenang di laut, memancing sambil menikmati bentangan alam pesisir selatan yang indah dan menantang.

Lokasi ini sangat mudah dijangkau dengan menggunakan fasilitas transportasi umum maupun sepeda motor. Adapun sebagian besar kehidupan penduduk lokal pantai tersebut bermata pencaharian sebagai pengumpul batu. Lantaran, batu Penggajawa bernilai ekonomis, yang cukup tinggi dengan ukuran bervariasi dan menjadi salah satu komoditi eskpor dari Kabupaten Ende.

Pantai Jaga Po

Pantai ini memiliki hamparan pantai pasir putih yang terletak di desa Kobaleba, kecamatan Maukaro. Kira-kira berjarak 61 km dari pusat kota Ende melalui wilayah kecamatan Nangapanda, dan 82 km melalui wilayah kecamatan Wewaria.

Pantai ini terbilang masih alamiah dan belum terjamah luas oleh masyarakat. Sehingga pantai ini merupakan pilihan yang sangat ideal bagi yang ingin menikmati pantai secara pribadi.

Untuk menuju ke pantai Jaga Po dapat ditempuh melalui dua jalur. Pertama, melalui jalur kecamatan Nangapanda dan kedua melalui desa Mukusaki, kecamatan Wewaria.

Pantai Maukaro

Terletak di wilayah Kecamatan Maukaro dengan jarak sekitar 56 km dari pusat kota Ende, melalui jalur kecamatan Nangapanda, dan sekitar 87 km melalui kecamatan Wewaria Anda bisa tiba di Pantai Maukaro. Baik dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pantai berpasir putih ini merupakan salah satu yang paling sering dikunjungi masyarakat. Air yang jernih dan ombak yang kecil, dan lemah gemulai membuat para pengunjung tak berpaling. Selain itu, di pantai itu juga, wisatawan dapat langsung menikmati ikan bakar sambil berenang di pantai.

Pantai Ria Ende

Ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang paling dekat dengan kota Ende. Berjarak sekitar 0,5 km dari pusat kota.

Pantai Ria Ende tak hanya sebagai wisata alamnya, tetapi juga tempat rekreasi sambil menikmati aktivitas nelayan di laut, kesibukan bongkar muat barang di Pelabuhan Ende, dan panorama matahari terbenam yang hilang perlahan di atas punggung pulau tersebut.

Keramaian dan aktivitas di tempat rekreasi itu mulai nampak pada sore hingga malam hari. Di mana, orang-orang duduk bercengkerama sambil menikmati suguhan minuman, dan makanan ringan atau jajanan lokal yang dijual para pedagang di sekitar lokasi.

Pantai Mbu'u

Lokasinya kira-kira lima km dari pusat kota dan dapat ditempuh selama 15 menit dengan menggunakan transportasi umum atau sepeda motor. Pantai ini sangat kondusif untuk melakukan aktivitas rekreasi mingguan bagi masyarakat kota.

Memancing, berenang sambil bercengkerama bersama keluarga, merupakan pilihan yang menarik sambil menikmati suguhan kelapa muda yang langsung diambil dari pohonnya. Hal lain yang menarik adalah pandangan lepas ke arah gunung Meja dan Iya, serta pulau Koa yang mungil dan kokoh tak bergeming menahan setiap hempasan gelombang datang dan pergi.

Kesibukan nelayan yang sedang mencari ikan juga menghiasi indahnya panorama pantai Mbu'u. Pantai ini juga salah satu alternatif untuk menyaksikan matahari terbit yang selalu setia muncul dari balik pundak bukit pada pagi hari.

Pantai Enabara Maurole

Secara kasat mata, pantai ini Enabara Maurole merupakan primadona pantai utara. Hamparan pasir putih, serta air yang tenang dan jernih, lingkungan alamiah sangat berpotensi sebagai sentra aktivitas rekreasi bahari di masa mendatang. Terbukti para pelaut dalam penyelenggaraan sail selama tiga tahun terakhir, tak pernah melewatkan waktunya untuk mandi di pantai ini.