Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 16 Mei 2017 | 13:51 WIB
  • Tujuh Tips Bepergian Tanpa Koper

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Raudhatul Zannah
Tujuh Tips Bepergian Tanpa Koper
Photo :
  • Pixabay/ Unsplash
Bertualang ala Backpacker

VIVA.co.id – Bepergian memang perlu dipersiapkan secara matang. Mulai dari perencanaan, dan kebutuhan, maupun perlengkapan apa saja yang harus dibawa.

Para traveler pasti menginginkan bepergian dengan seefisien mungkin, membawa perlengkapan seringan mungkin, dan tanpa pusing menenteng banyak bawaan, dan koper berat. Namun, dibutuhkan keahlian khusus untuk bepergian tanpa menggunakan koper sama sekali.

Dilansir Japan Today, blogger sekaligus penulis, Kazuhiro, memberikan tips bepergian hanya dengan membawa tas punggung atau ransel. Bagaimana membawa semua kebutuhan barang untuk perjalanan Anda, tetapi ringan untuk dibawa.

1. Beli kaus kaki yang bisa digulung ketat

Satu pelajaran yang telah dipelajari dalam empat tahun perjalanannya adalah penting untuk membeli kaus kaki yang bisa digulung. Tak hanya kaus kaki, tapi juga kaos, boxer dan celana pendek juga harus digulung sangat erat. Anda akan mengurangi beban bawaan Anda dengan membawa pakaian berbahan ringan.

2. Gunakan tas vakum

Banyak pelancong sudah menggunakan ini, jadi mungkin mereka sudah menjadi barang travel standar, tapi untuk pakaian, tas vakum sangat berguna. Tas vakum membebaskan pakaian Anda dari banyaknya barang-barang lain yang tercampur jadi satu dalam ransel tersebut.

3. Gunakan pakaian kompresi dalam cuaca dingin

Meski begitu, meski dengan tips di atas, ada kalanya Anda membutuhkan pakaian tebal dan berlapis, terutama saat bepergian ke tempat yang lebih dingin.

Satu tip hemat ruang untuk pengemasan cuaca dingin adalah dengan membawa pakaian kompresi, yang membuat Anda tetap hangat dengan sedikit lapisan.

4. Masukkan perlengkapan mandi Anda ke dalam wadah yang lebih kecil

Perlengkapan mandi adalah kebutuhan untuk bepergian, sehingga perlu diperhatikan saat pengepakannya agar tidak memakan banyak tempat. Siapkanlah perlengkapan mandi Anda dengan wadah yang cukup untuk menaruh sampo, sabun, sikat gigi, pasta gigi, dan lain-lain.

5. Ambil barang multi guna

Barang multi guna bisa meringankan barang bawaan Anda. Direkomendasikan juga, cari hal lain seperti kombinasi baterai dan charger ponsel, handuk kombinasi dan lap cuci, serta barang multi guna lainnya.

7. Periksa apa saja yang tersedia di tempat tujuan Anda

Dalam hal ini, periksa jenis barang yang tersedia di tempat tujuan Anda, dan Anda tidak perlu membawanya dalam ransel. Misalnya Anda menginap di hotel yang sudah tersedia handuk, selimut, bahkan peralatan mandi. Dengan begitu Anda tak perlu membawa semua barang itu dalam ransel.