Anda akan Kaget saat Masuk Perpustakaan Ini

Perpustakaan Schildbach Xylotheque di Jerman
Sumber :
  • Wikimedia/ David Gómez Fontanills

VIVA.co.id – Xylotheque, salah satu nama perpustakaan di Jerman. Perpustakaan ini terbilang unik karena setiap bukunya terbuat dari kayu dan jenis pohonnya yang terdokumentasi di dalamnya.

Perpustakaan Bumi Desa Sidareja, Persembahan untuk Generasi Muda

Kenapa disebut xylotheque, dilansir Amusing Planet, xylos berasal dari kata Yunani yang berarti kayu dan theque berarti penyimpanan. Sehingga diartikan, xylotheque tak hanya sekadar koleksi kayu seperti halnya perpustakaan lebih dari sekadar kumpulan buku.

Adapun kumpulan buku-buku kayu di perpustakaan itu juga melibatkan beberapa masyarakat yang terbilang mencintai suasana alam. Mereka turut membuat sebuah buku yang terbuat dari kayu serta beberapa ranting pohon.

Belajar Hidup dengan Literasi Rumah Baca Aksara

Ada beberapa jenis pohon yang dipakai untuk membuat buku bahkan sebagai interior di ruangan tersebut. Di antaranya pohon jenis Fagus yang terpajang di sekeliling ruangan perpustakaan.

Interiornya juga berisi beragam sampel kacang-kacangan dan biji-bijian. Dengan begitu, pemandangan di perpustakaan ini terlihat sangat apik.

Misi Mulia Bantu Anak-anak Buta Huruf, Eko Cahyono Dirikan Perpustakaan Gratis

Untuk bukunya, ada yang terbuat dari beberapa helaian bunga dan kulit buah. Di mana secara keseluruhan, ini merupakan sesuatu yang bukan hanya sekadar tumbuh-tumbuhan melainkan tentang berbagai kehidupan alam yang dapat dijadikan pengetahuan bagi pengunjungnya.

Buku-buku itu tersusun rapi di rak-rak. Seperti perpustakaan pada umumnya. Buku-buku itu tersusun rapi dengan berbagai label untuk menandakannya.

Alquran (Foto ilustrasi)

Al-Quran Berusia 14 Abad Bakal DiJual Awal Bulan Ramadhan Nanti

Sebuah salinan langka Al-Quran dari awal abad ke-7 yang berusia 14 abad akan dilelang pada bulan Maret 2024. Manuskrip kuno ini dihargai sebesar 1 juta Euro.

img_title
VIVA.co.id
24 Januari 2024